Begini Proses Vaksinasi Massal Dosis 1 di Masjid Terapung Al-Jabbar di Hari Ketiga

ILUSTRASI: Salah seorang peserta sedang divaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Masjid Al-Jabbar, Rabu (25/8/2021).

ILUSTRASI: Salah seorang peserta sedang divaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Masjid Al-Jabbar, Rabu (25/8/2021).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ribuan warga Bandung berbondong-bondong datang ke Sentra Vaksinasi massal Covid-19 di Masjid Terapung Al-Jabbar, Rabu (25/8/2021).


Sejak dibuka pukul 07.30 WIB, peserta vaksin datang dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Di pintu masuk, mereka dicek suhu tubuh oleh petugas dan diarahkan untuk mencuci tangan sebelum masuk ke meja pendaftaran.

Kemudian peserta juga diarahkan dan didampingi untuk melakukan cek kesehatan, skrining, observasi hingga pelaksanaan disuntik vaksin sampai pendataan KIPI.

Tidak terlihat antrean panjang atau kerumunan orang. Setiap peserta vaksin tertib mengikuti arahan dari panitia. Proses vaksinasi mulai dari pendataan hingga disuntik vaksin dosis 1 tidak membutuhkan waktu yang lama. Peserta juga mendapatkan bantuan berupa sembako usai divaksin.

“Proses vaksinasi mulai dari kedatangan hingga selesai sangat cepat, tidak antre lama, tempatnya juga luas, di luar ruangan (out door),” ucap salah seorang peserta vaksin, Wahyu Aripianto (43).

Wahyu menuturkan, kegiatan vaksinasi ini sangat membantu dan mempermudah masyarakat. Bahkan proses pendaftaran sangat gampang dan bisa diakses secara daring.

“Sangat membantu, apalagi saat ini vaksin jadi kebutuhan, baik untuk aktivitas sehari-hari atau mau bepergian, bahkan di kantor mewajibkan karyawan untuk divaksin,” ujar Arif yang bekerja di salah satu perusahaan swasta itu.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Bukan Kriteria Pembukaan Sekolah

Arif berharap, kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Dewan Ketahanan Nasional, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan stakeholder terkait bisa terus diperkuat dengan memperbanyak sentra-sentra vaksin Covid-19.

“Dengan banyaknya sentra vaksin Covid-19, akan banyak juga masyarakat yang divaksin sehingga herd immunity bisa cepat terbentuk,” tandasnya.

Gerakan Vaksinasi Covid-19 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Republik Indonesia sudah berlangsung sejak 23-29 Agustus 2021 dan tersebar dilebih 2.300 titik di Jabar dengan Sentra Vaksinasi di Masjid Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung.

Baca Juga: Bantu Tangani Pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Kanwil Jabar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Di Sentra Vaksinasi tersebut dibatasi hingga 10 ribu orang selama kegiatan berlangsung, mengingat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Salah seorang tenaga kesehatan (nakes), Raden Atika Permadi mengungkapkan, sejak hari pertama vaksinasi di kompleks Masjid Al-Jabbar, pada Senin (23/8/2021) hingga hari Rabu (25/8/2021) animo masyarakat untuk divaksin sangat tinggi.

“Target vaksinasi dalam satu hari kurang lebih 1.000 orang. Tapi ternyata, dilihat dari animo warga setiap harinya untuk divaksin luar biasa, sangat tinggi,” ucapnya.

Loading...

loading...

Feeds