Puluhan Warga Surade Sukabumi Keracunan Usai Makan di Hajatan

KERACUNAN : Puluhan warga desa Wanasari Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mengalami keracunan. Diduga keracunan disebabkan usai menyantap makanan yang disajikan di acara hajatan warga. (ist)

KERACUNAN : Puluhan warga desa Wanasari Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mengalami keracunan. Diduga keracunan disebabkan usai menyantap makanan yang disajikan di acara hajatan warga. (ist)

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Puluhan warga desa Wanasari Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mengalami keracunan masal. Diduga keracunan disebabkan usai menyantap makanan yang disajikan di acara hajatan warga.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, keracunan awalnya dialami warga dari Kampung Sindanghayu, Desa Wanasari kemudian beberapa warga lain dari Kampung Simpangkaret, Desa Citangla, pada Minggu (22/8/2021).

Kepala Puskesmas Surade, dr Solitaire mengatakan efek dan gejala yang dirasakan antar warga beragam, mulai dari mual, muntah hingga buang air besar.

“Dimulai dari Magrib tadi warga terus berdatangan dengan keluhan sakit perut yang hebat kemudian disusul mual dan muntah. Berdasarkan riwayat pagi tadi warga sekitar jam 11.00 WIB, pergi ke acara hajatan dan membawa makanan dari sana,” kata dr Solitaire kepada wartawan.

Baca Juga: Petaka Hajatan Nikah! 34 Warga Gununghalu Keracunan Makanan, 2 Orang Kritis

Menurut Solitaire pihaknya telah mengambil sampel makanan hingga muntahan untuk diperiksa di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Hingga kini, kata dia, sudah ada 80 orang yang mengalami rawat jalan akibat keracunan.

“Sampel makanan kita ambil dari segala jenis makanan, dan juga sampel muntahan sudah dibawa ke Labkesda untuk untuk dipastikan apa penyebab keracunannya. Karena indikasi jelas karena keracunan makanan. Statusnya hingga saat ini ada sebanyak 80 orang korban rawat jalan. Observasi sementara di Pustu Warnasari 3 orang, sebagian ada yg sudah pulang timgggal satu orang di Pustu Warnasari,” paparnya.

Baca Juga: Puluhan Warga Keracunan Usai Makan Nasi Kotak

Salah seorang sumber warga yang dihubungi wartawan mengungkap puluhan warga itu awalnya mengeluh gejala keracunan selepas Ashar. Mereka diketahui habis mengikuti acara hajatan di wilayah Kampung Sindanghayu.

“Mereka menghadiri acara yang sama di Kampung Sindanghayu. Satu persatu kemudian mereka berobat ke Pustu terdekat, upaya penanganan sudah dilakukan aparat Puskesmas dan pihak kecamatan, termasuk evakuasi korban ke pusat pengobatan terdekat,” ungkap sumber tersebut.

(radarsukabumi)

Loading...

loading...

Feeds