Angka Kasus Positif Covid Menurun, Jabar Percepatan Vaksinasi

ilustrasi

ilustrasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik mengatakan ijin dibukanya tempat destinasi wisata yang dimaksud oleh Ridwan Kamil tidak terlepas dari penurunan zona kedaruratan di Jawa Barat. Saat ini tidak ada lagi zona merah di 27 kabupaten kota.


Secara teknis, keputusan pembukaan destinasi wisata tetap bergantung pada kebijakan setiap pemerintah kabupaten kota. Sejauh ini, rata-rata setiap daerah masih fokus dengan perluasan jangkauan dan percepatan realisasi vaksinasi Covid-19.

“Yang memberikan ijin itu pemerintah kabupaten kota. Tapi sekarang fokusnya adalah vaksinasi. Pak menteri juga tadi bilang ada target 34 juta vaksinasi untuk pelaku industri parekraf, kami di daerah akan terus berkoordinasi dan menyelenggarakan sentra vaksinasi di berbagai wilayah, semua masih berproses,” kata dia.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Menurun, Provinsi Jabar Kejar Target Zona Kuning

Sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) dari Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) sejauh ini sudah didapatkan oleh sekitar 798 perusahaan atau pengelola industri pariwisata. Jumlah ini pun ia sebut akan terus bertambah. Hal ini berkaitan dengan kesiapan para pelaku pariwisata.

Di sisi lain, Dedi Taufik menjelaskan vaksinasi di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) Padalarang, ini sudah berjalan dari tanggal 20 hingga 24 Agustus 2021. Acara ini merupakan hasil kerjasama dari Kemenparekraf, TNI, Disparbud Jabar, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat hingga Doktora Clinic sebagai vaksinator petugas screening dan observasi.

Baca Juga: Persiapan PTM, Pelajar Bandung Barat Divaksin Covid-19

Sasaran dalam vaksinasi adalah pelaku industri pariwisata, ekonomi kreatif, dan masyarakat umum yang tinggal di sekitar Pusdikkav. Sekitar 7.000 dosis vaksin disediakan dalam kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini akan kami lakukan di tempat lain. Semakin luas, maka kemungkinan relaksasi di sektor pariwisata makin besar. Yang paling terdekat nanti kami buat acara vaksinasi massal di Garut,” kata Dedi Taufik.

“Upaya pemulihan pun kami pikirkan, bantuan dari pemerintah pusat yang tadi disinggung oleh Menparekraf akan terus kami tindaklanjuti,” pungkasnya.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …