Banyak Objek Wisata, Akses Jalan ke Bandung Selatan Perlu Dibenahi

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Jalan Tol Soreang-Ciwidey dinilai perlu dibangun agar mempermudah akses wisawatan menuju tempat wisata di Bandung Selatan.


Kepala Desa Alamendah, Awan Rukmawan mengatakan, Alamendah dijadikan sebagai desa wisata itu sejak 2011. Kata Awan, yang menjadi indikator Alamendah menjadi desa wisata adalah kearifan lokal dan tradisi yang dimunculkan seperti pencak silat, seni tari, ulin ka lembur dan tentunya objek wisata yang sudah tersedia.

“Kemudian ada UKM termasuk petani dan peternakan. Kita juga munculkan produk unggulan desa, potensi keanekaragaman wisata dan juga digitalisasi marketing,” ujar Awan saat wawancara di Rancabali.

Menurut Awan, Alamendah ini merupakan gerbang untuk memasuki objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung. Namun sayangnya, kondisi akses jalan menuju tempat wisata itu sempit. Hal tersebut, ungkap Awan, menciptakan kemacetan yang sangat fatal jika pada kondisi normal.

“Kalau bisa jalan diperlebar, kemudian ada tol dari Soreang ke Ciwidey untuk memudahkan lagi, itu akan lebih semarak dalam mendatangkan wisatawan yang datang kesini,” tutur Awan.

Karena Desa Wisata Alamendah ini banyak melibatkan masyarakat sekitar, maka Awan meminta adanya program pembinaan. Selain itu, pemerintah juga diminta untuk mendukung setiap kegiatan masyarakat sebagai pelaku wisata.

Terbaru, Desa Wisata Alamendah masuk 100 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Ini salah satu momentum para penggiat wisata untuk lebih semangat, dan bisa berinovasi serta berkreasi sehingga ketika nanti pandemi covid 19 selesai, wisata bisa kembali normal,” pungkas Awan.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Pengunjung Mal di Kota Bandung Masih Sepi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah menyampaikan, kunjungan masyarakat ke mal di Kota Bandung masih landai. Meski …

3,42 Juta Guru Sudah Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis 1

POJOKBANDUNG.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan, vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) akan dipercepat. Target …

Tips Memilih Laptop Acer untuk Aktifitas

POJOKBANDUNG.com – Laptop Acer bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk kebutuhan Anda dalam bekerja maupun hal lainnya. Tentunya, sebelum membeli …