Bandung Barat Kekurangan Vaksin Moderna untuk Booster Nakes

ilustrasi vaksinasi Covid-19

ilustrasi vaksinasi Covid-19

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan memprioritaskan tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di ICU dan IGD RS rujukan Covid-19 untuk mendapatkan suntikan vaksin Moderna.


Hal tersebut Kadinkes Kab. Bandung Barat, Eisenhower Sitanggang sampaikan saat disinggung terkait progres penyuntikan vaksin tahap III bagi Nakes di wilayah Bandung Barat, Jumat (20/8/2021).

Eisen menjelaskan, jumlah vaksin Moderna yang diperoleh Dinkes KBB peroleh saat ini belum dapat memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 bagi seluruh Nakes yang bertugas menangani pasien virus Corona.

“Saat ini Bandung Barat sendiri baru menerima 420 vial vaksin Moderna untuk booster nakes dari pemerintah pusat,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan penyuntikan terhadap Nakes di Bandung Barat tersebut sejak satu pekan terakhir.

“Vaksin Moderna belum mencukupi untuk Nakes yang jumlahnya 3.900. Makanya kita bertahap diprioritaskan untuk petugas IGD dan ICU,” imbuhnya.

Eisen menyebut, hingga saat ini pihaknya belum menemukan Nakes yang mengalami gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah vaksin Moderna.

“Tak ada gejala parah. Hanya ringan seperti pegal dan ngantuk. Semoga lancar semua dan harapnya setelah dibooster nakes lebih siap dan minim yang terpapar,” jelas Eisenhower.

Dinkes Bandung Barat berharap tenaga kesehatan yang belum menerima giliran suntik vaksin dosis ketiga bisa bersabar. Saat ini pihaknya masih menunggu pasokan pusat secara bertahap.

“Vaksinnya langsung didistribusikan ke puskesmas masing-masing, nanti ke jejaringnya itu klinik dan bidan swasta akan jadi sasaran vaksinasinya juga,” pungkasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds