Puluhan Ibu Hamil Divaksin Covid-19

ist

ist

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Puluhan ibu hamil hadir di sentra vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, Kamis (19/8/2021). Mereka menjalani vaksinasi dalam rangka deklarasi vaksin untuk ibu hamil di Jabar.


Diketahui, kegiatan vaksinasi ini diselenggarakan atas kerjasama RSUP dr. Hasan Sadikin, Fakultas Kedokteran UNPAD, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat dan Ikatan Bidan Indonesia Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar, dr Nina Susana Dewi mengatakan, vaksinasi ini hanya dilakukan untuk ibu dengan usia kehamilan rentang 13-34 minggu. Ia menjelaskan, usia kehamilan tersebut dianggap aman untuk menerima vaksin.

“Ibu Hamil merupakan golongan yang rentan terinfeksi Covid-19, maka hari ini kami mendeklarasikan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil untuk mengajak ibu hamil terutama di Jawa Barat agar tidak takut divaksin karena aman, jadi sehat untuk ibunya, sehat untuk anaknya,” katanya di lokasi.

Ia menyampaikan, total vaksinansi secara umum di Jabar mencapai 37 juta sasaran. Hingga kini, vaksinasi baru mencapai 20,4 persen. Sementara, untuk ibu hamil ini baru 0,01 persen.

“Ibu hamil itu kan masuk level tiga atau tahap tiga vaksinasi untuk masyarakat yang rentan. Tidak usah takut, ini akan menambah kekebalan ibu hamil sehingga kalau terkena covid gejalanya akan ringan,” imbuhnya.

Senada, Ketua POGI Jabar, dr Soni Sasotya menjelaskan, vaksinasi Covid-19 ini penting untuk dilaksanakan karena sampai saat ini cakupan vaksinasi ibu hamil baru mencapai 0,01 persen dari target ibu hamil sebanyak 11 juta lebih.

“Dari data nasional bahwa cakupan ibu hamil itu baru mencapai 110.275 ibu hamil yang divaksin, jadi kurang lebih baru sekitar 0,01 persen dari target Sebanyak 11.275.000,” katanya.

Setelah deklarasi ini, selanjutnya akan dilaksanakan secara berkesinambungan di seluruh provinsi. Khususnya di Provinsi Jabar, ditargetkan pada akhir Oktober seluruh ibu hamil telah terlindungi oleh vaksin,” tegasnya.

Ia mengatakan, tingkat kematian ibu hamil karena Covid-19 cukup tinggi. Di Jabar tingkat vatalitas itu menyentuh sekitar 31,8 persen. Selain itu, katanya, 50,9 persen kasus Covid-19 ibu hamil terjadi tanpa gejala. Adapun, 72 persen di antaranya terinfeksi pada usia kehamilhan tujuh bulan.

“Sebagai perlindungan maka ada patokan dari usia kehamilan 13-34 minggu, diharapakan selama kehamilan ibu terlindungi oleh vaksinasi,” katanya.

Di tempat yang sama, Plt Direktur Utama RSHS, dr Irayanti menyampaikan, RSHS siap menyukseskan percepatan pelayanan vaksinasi bagi Ibu Hamil Indonesia. Ia menjelaskan, target sasaran peserta vaksinasi di kemarin ekitar 200 ibu hamil.

Kegiatan ini akan berjalan secara simultan dengan kegiatan vaksinasi di RSHS baik itu vaksinasi masyarakat umum, lansia, dan vaksinasi anak (12-18 tahun).

“Sasaran vaksinasi ibu hamil di hari ini 200 orang, hadir dan telah emndapatkan vaksinasi sebanyak 163 orang,” pungkasnya.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds