Lestarikan Budaya, Pengusaha Milenial Asal Kabupaten Bandung Ini Kombinasikan Aksara Sunda di Atas Kain Batik

MENGERJAKAN : Pekerja tengah mengerjakan proses produksi batik.

MENGERJAKAN : Pekerja tengah mengerjakan proses produksi batik.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pengusaha milenial asal Kabupaten Bandung, Veby Wibisana padu padankan aksara sunda dengan batik. Tak hanya sekedar pola, namun dengan menggunakan aksara sunda maka ada pesan atau filosofi yang bisa disampaikan.


Veby menceritakan awal mula terjun ke dalam bisnis batik. Berawal dari sang guru, Eryanti yang merupakan penulis buku tentang aksara sunda, Veby tergerak dalam melestarikan budaya. Kata Veby, ternyata aksara sunda tersebut bisa diimplementasikan menjadi motif kain batik.

“Dari aksara sunda itu ternyata bisa kita buatkan ke dalam batik, kaos, handicraft dan yang lainnya,” ujar Veby saat dihubungi, Kamis (19/8/2021).

Kalau pada umumnya batik hanya garis dan titik, kata Veby, untuk Erlitaglory Batik itu menggunakan aksara sunda dan hal tersebut merupakan yang pertama di dunia. Ia menyediakan tiga jenis batik yaitu cap, printing dan tulis.

Masing-masing memiliki harga dan waktu produksi yang berbeda-beda. Veby menjelaskan proses produksi batik diawali dari menentukan filosofi lalu mulai gambar di sketsa kemudian masuk ke grafis, terakhir masuk ke produksi.

Untuk proses mendesain, kata Veby, bisa memakan waktu seminggu tergantung tingkat kerumitannya, dan untuk proses produksi itu bisa satu bulan atau paling cepat dua minggu.

Baca Juga: Para Ibu Ciptakan Teknik Baru Lukis Batik

“Kalau yang desain sketsa itu ada teman saya dari Sumedang, desain grafisnya saya sendiri, dan proses produksinya dilakukan di Tasik,” jelas Veby.

Pemuda lulusan SMAN 4 Bandung itu mengaku sudah menciptakan 60 desain dimana ada 9 desain yang sudah diterapkan pada kain batik pesanan pembeli. Veby mengaku belajar desain grafis dari youtube.

Baca Juga: Pesawat Batik Air Tabrak Garbarata di Bandara Ngurah Rai Bali, 119 Penumpang Selamat

“Jadi awalnya kuliah, tapi setelah saya dikenali aksara ini, kemudian saya coba belajar sekali dan ketika sudah mulai bisa, lalu berhenti kuliah dulu. Karena memang harus benar-benar fokus baru kita bisa mendalami dan jadi mahir. Jadi, memang butuh fokus yang tinggi, makanya dalam satu tahun mendalami corel sampai bisa,” papar Veby.

Usaha bisnis kain batik ini sudah dilakoni Veby semenjak tiga tahun lalu. Veby mengaku masih menerapkan sistem pre order (PO). Jika ada pesanan maka dirinya bisa mendapatkan omset per bulan sebesar Rp20 juta sampai Rp30 juta. Untuk pemasaran, Veby mengungkapkan pelanggannya itu berasal dari kalangan instansi pemerintahan.

“Biasanya yang dijual itu berbentuk kain batik, tapi tak jarang kami menerima pesanan produk berupa baju tapi tentunya ada harga tambahan,” jelasnya.

Baca Juga: Desain Batik Ridwan Kamil Dipakai Artis K-Pop

“Kebanyakan mereka pesan kainnya saja tanpa dipotong, ada juga yang pesan kain per pieces, per potongnya itu kalau untuk dewasa sekitar 2,5 meter, untuk jadi baju kita menerima juga tapi tetap menambah harga,” ungkap Veby.

“Batik tulis harganya Rp800 ribu sampai Rp1 juta. Untuk batik print, itu kita minimal order sekitar 20 potong dimana harganya itu Rp250 ribu per potong atau selebar 2,5 meter,” sambungnya.

Baca Juga: Kereeen! Pemda Bandung Siapkan Batik Kina

Veby mengungkapkan dalam jangka waktu dua tahun, warna dari kain batiknya itu bisa bertahan dan terlihat seperti masih baru. Kedepannya, Veby bercita-cita mendirikan pabrik batik di Kabupaten Bandung.

“Cita-cita saya ingin mendirikan galeri, dan ingin mendirikan pabrik, saya ingin meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat khususnya dalam hal membatik,” pungkasnya.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Pengunjung Mal di Kota Bandung Masih Sepi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah menyampaikan, kunjungan masyarakat ke mal di Kota Bandung masih landai. Meski …

3,42 Juta Guru Sudah Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis 1

POJOKBANDUNG.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan, vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) akan dipercepat. Target …

Tips Memilih Laptop Acer untuk Aktifitas

POJOKBANDUNG.com – Laptop Acer bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk kebutuhan Anda dalam bekerja maupun hal lainnya. Tentunya, sebelum membeli …