Bentuk Penghormatan kepada Pahlawan, Pengendara di Jalan Raya Berhenti Sejenak Dengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

POJOKBANDUNG.com, Bandung – Dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI dilaksanakan kegiatan ‘3 menit UU untuk Indonesia’ di Simpang lima Jalan Asia Afrika, Simpang Merdeka Jalan Aceh dan Ruang CC Room ATCS Balai Kota. Selama pelaksanaan, masyarakat diimbau menghentikan aktifitas sejenak selama 3 menit untuk mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang disiarkan langsung dari istana negara melalui audio announcer simpang ATCS.


Untuk pengendara roda dua dan roda empat yang berada di persimpangan lokasi kegiatan diminta untuk mematikan kendaraannya dan turun memberikan penghormatan selama diperdengarkan lagu Indonesia raya. Tepat Pukul 10.17 WIB, arus lalu lintas di Simpang Lima Kota Bandung dan Perempatan Jalan Aceh- Jalan Merdeka dihentikan.

Kendaraan roda dua dan empat mematikan mesin kendaraan. Beberapa diantaranya turun dari kendaraan termasuk sepeda. Mereka melakukan sikap sempurna dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Merdeka,” teriak warga usai melakukan penghormatan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ricky Gustiadi mengatakan, kegiatan ini digelar sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Kita sudah laksanakan imbauan dari pemerintah pusat, supaya masyarakat di seluruh Indonesia melakukan penghormatan pada 17 Agustus 2021 Pukul 10.17 WIB, berhenti sejenak sikap sempurna selama 3 menit,” kata Ricky usai pelaksanaan.

Kegiatan ini juga digelar sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang yang sudah gugur untuk merebut kemerdekaan.

“Ini merupakan bentuk penghormatan kepada pahlawan dan para pejuang untuk merebut kemerdekaan dan para proklamator yang sudah memproklamasikan kemerdekaan,” jelasnya.

Ricky berharap, dengan kegiatan itu bisa menumbuhkan rasa kebangsaan.

“Mudah-mudahan dengan acara ini lebih menumbuhkan rasa kebangsaan kita. Dengan perayaan HUT RI 76 ini diharapkan Indonesia Bangkit dan tumbuh jadi negara maju dan berikan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Salah seorang pengendara yang ditemui di persimpangan Jalan Merdeka- Jalan Aceh, Fadhil Satria Putra mengatakan, sengaja datang ke lokasi karena ingin merasakan sendiri perbedaan memperingati HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

“Saya sengaja datang dari Riung Bandung,” ujar Fadhil.

Fadhil mengaku mengetahui acara ini dari sosial media. Selain itu, tahun lalu acara serupa juga digelar di tempat dan waktu yang sama.

“Jadi awalnya kan tau dari medsos terus ada dari tahun kemarin sama, pengen nyobain sesasinya karena selama ini di rumah, tadi nyobain langsung di tengah-tengah perayaan jadi ikut terharu juga ternyata merinding yah, karena baru sekali ini nyobain di perempatan di bandung, cukup kaget juga. Terharu, bangga, seneng juga,” paparnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds