5.000 Pelamar CPNS Pemkab Bandung Ajukan Sanggah

Ilustrasi peserta CPNS

Ilustrasi peserta CPNS

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – 5.000 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintahan Kabupaten Bandung, yang tidak lolos tahapan administrasi mengajukan sanggah.


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung, Wawan A Ridwan mengatakan, proses sanggah tersebut terkait dengan ketidakpuasan atau komplain dari pelamar terhadap keputusan tim verifikasi dan validasi.

“Misalkan ada yang menyanggah bahwa dia sudah upload, tapi ternyata di datanya tidak ada, atau ada yang mengatakan mereka tidak tahu padahal sudah ada keterangannya,” ujar Wawan saat wawancara di Soreang.

Tahapan sanggah ini, ungkap Wawan, bisa membuat pelamar yang awalnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) menjadi Memenuhi Syarat (MS). Kata Wawan, tergantung sanggah yang disampaikan oleh pelamar.

“Tergantung apakah sanggah yang disampaikan oleh peserta ini apakah masuk dan sesuai dengan persyaratan atau tidak, berkaitan dengan data dokumen yang mereka upload. Batas waktunya hari ini (13/8),” tutur Wawan.

Tahapan selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kata Wawan, akan dilaksanakan di Telkom University dan rencananya akan dilaksanakan pada awal September 2021.

Wawan memastikan protokol kesehatan sudah siap diterapkan. Kata Wawan, kalau dulu itu hanya bisa lima sesi tapi saat hanya tiga sesi. Lalu ruangan yang awalnya bisa digunakan seribu orang, sekarang hanya 500 orang. Dengan adanya pembatasan-pembatasan tersebut, Wawan mengungkapkan, berdampak pada pewaktuan dan penambahan anggaran.

“Itu akan berdampak pada pewaktuan, tergantung jumlah pelamar yang lulus di masa tes administrasi. Kalau yang lolos ada 10.000, seperti tahun kemarin, kita bisa melaksanakan lima hari sudah selesai. Bisa ada penambahan anggaran karena ada sewa gedung yang bertambah harinya,” pungkas Wawan.

Berdasarkan data yang dapat dilihat melalui web BKPSDM Kabupaten Bandung, terdapat 7.251 pelamar yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) atau lulus seleksi administrasi CPNS 2021, sementara sisanya yaitu sebanyak 12.553 dinyatakan tidak lulus.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds