Antisipasi Keramaian, Polisi Akan Lakukan Penyekatan Jelang Perayaan Hari Kemerdekaan

ILUSTRASI: Petugas gabungan memeriksa kelengkapan dokumen pemudik di pos penyekatan larangan mudik Lingkar Barat Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu (16/5). (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

ILUSTRASI: Petugas gabungan memeriksa kelengkapan dokumen pemudik di pos penyekatan larangan mudik Lingkar Barat Nagreg, Kabupaten Bandung, Minggu (16/5). (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021, aparat kepolisian bakal melakukan penyekatan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya keramaian atau kerumunan.


Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan, penyekatan jalan dilakukan di wilayah yang masuk ke dalam Level 4 sebaran corona seperti Kota Bandung.

“Masalah Level 4 kita punya aturan tersendiri terkait urusan berpergian bahkan untuk tempat hiburan dan wisata itu kan masih ditutup, tidak boleh, terkait dengan keinginan masyarakat luar kota ke Bandung, tentunya kita akan lakukan penyekatan,” kata Kombes Erdi A. Chaniago di Mapolda Jabar, Selasa (10/8/2021).

Erdi menambahkan, penyekatan di Kota Bandung terdiri dari ring 1, 2, dan 3. Adapun jumlah titik penyekatan diterapkan secara situasional. Nantinya, warga dari luar yang tak memenuhi dokumen persyaratan akan diminta untuk memutar balik.

“Jadi kita lihat seberapa banyak animo yang akan masuk, kalau kita lihat banyaknya mobilisasi masyarakat kita lakukan seperti biasanya, kita cek, kalau tidak sesuai persyaratan ya kita balikan,” ucap dia.

Erdi berharap angka kasus harian di Kota Bandung yang dinilai sudah menurun tak lagi mengalami lonjakan. Sebelumnya, dari data grafik yang diperoleh dari Pusicov, angka kasus di Kota Bandung memang sudah menurun sejak sepekan terakhir.

“Kita tidak mau kembali lagi melonjaknya penderita Covid yang ada di Kota Bandung, Alhamdulillah sekarang turun dan harus bisa dipertahankan,” pungkas dia.

Adapun tanggal 1 Agustus misalnya, tercatat ada 9.118 kasus aktif di Kota Bandung. Kemudian, di hari berikutnya yaitu tanggal 2 Agustus, tercatat penurunan jadi 7.296 kasus. Tanggal 3 Agustus ada 7.062 kasus aktif.

Berlanjut ke tanggal 4 Agustus tercatat 6.851 kasus aktif. Di tanggal 5 Agustus, ada 6.416 kasus aktif. Lalu di tanggal 6 Agustus tercatat 6.443 kasus aktif. Di tanggal 7 Agustus, kasus aktif di Kota Bandung mencapai 6.342. Di tanggal 8 Agustus kembali naik namun masih di angka 6.425.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds

Pengunjung Mal di Kota Bandung Masih Sepi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah menyampaikan, kunjungan masyarakat ke mal di Kota Bandung masih landai. Meski …

3,42 Juta Guru Sudah Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis 1

POJOKBANDUNG.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan, vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) akan dipercepat. Target …

Tips Memilih Laptop Acer untuk Aktifitas

POJOKBANDUNG.com – Laptop Acer bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk kebutuhan Anda dalam bekerja maupun hal lainnya. Tentunya, sebelum membeli …