Tingkatkan Peran Kehumasan dengan Menyusun Manajemen Strategi

Peningkatan peran Hubungan masyarakat (Humas) melalui manajemen sgtrategi dalam mempublikasikan program dan kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Provinsi Jawa Barat

Peningkatan peran Hubungan masyarakat (Humas) melalui manajemen sgtrategi dalam mempublikasikan program dan kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Provinsi Jawa Barat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peningkatan peran Hubungan masyarakat (Humas) melalui manajemen sgtrategi dalam mempublikasikan program dan kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Provinsi Jawa Barat, menjadi judul rancangan aksi perubahan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Umum dan Kehumasan DPMDesa Provinsi Jawa Barat, Ricky Budiman Faried, S.Sos.


Hal itu disampaikan pada Seminar Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV, yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Selasa, (3/8/2021).

Seminar Rancangan Aksi Perubahan tersebut diuji oleh Drs. UDJWALAPRANA SIGIT, M.M., M.Si. dengan Coach Ir. Ade Kusmana, MM dan Wahyudin, S.Sos., MM sebagai mentor.

Penguji menekankan bahwa aksi perubahan ini harus dapat diaplikasikan secara nyata, targetnya jelas, jangka pendeknya tercapai, kemudian jangka menengahnya seperti apa dan jangka panjangnya bagaimana.

Menurutnya, sebagai mentor Sekretaris DPMDesa Provinsi Jawa Barat, kehumasan saat ini menjadi hal sangat krusial dan penting, karena di era digital dan keterbukaan seperti sekarang perannya begitu signifikan.

“Sangat penting bagaimana mereka dapat membangun citra positif, harus mampu menyampaikan informasi dan mempublikasikan program dan kegiatan DPMDesa Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat luas, terutama kepada seluruh Desa yang ada di Provinsi Jawa Barat yang jumlahnya sebanyak 5312 Desa,” ujarnya.

Ade Kusmana menambahkan, rancangan aksi perubahan harus jelas outputnya terutama pada tahapan jangka pendek, sekitar 2 bulan kedepan dan aksi perubahan ini bukan tujuan, tetapi langkah awal peserta untuk dapat menjadi pemimpin yang baik diberbagai level.

Rancangan aksi perubahan yang disusun Ricky Budiman Faried ini memiliki output yang tercantum dalam rancangan tersebut diantaranya:

Tujuan jangka pendek 2 bulan yaitu tersusunnya :
A. Surat Keputusan Kepala Dinas Tentang Tim Kehumasan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Provinsi Jawa Barat.
B. Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai Kehumasan DPMDesa Provinsi Jawa Barat.

C. Road Map mengenai manajemen strategi optimalisasi peran Humas DPMDesa Provinsi Jawa Barat dalam mempublikasikan program dan kegiatan instansi.

Tujuan jangka menengah, 6 bulan berikutnya yaitu terlaksananya manajemen strategi optimalisasi peran Humas DPMDesa Provinsi Jawa Barat dalam mempublikasikan program dan kegiatan instansi.
Tujuan jangka panjang, 12 bulan berikutnya, yaitu terwujudnya Humas DPMDesa Provinsi Jawa Barat yang professional.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds