SBSI 92: Banyak Perusahaan Terapkan Kebijakan yang Rugikan Buruh

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 92 Kota Bandung, Hermawan menyatakan, banyak perusahaan nakal yang kebijakannya merugikan buruh.


“Ada pengusaha yang menerapkan aturan semaunya,” ujar Hermawan kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Hermawan mengatakan, banyak pengusaha yang merumahkan karyawannya tanpa memberikan pesangon dimasa pandemi Covid-19 ini. Belum lagi, jika ada karyawan yang dinyatakan positif, mereka diharuskan melakukan PCR dan swab dengan biaya sendiri.

“Sudah dirumahkan, tidak mendapat pesangon, masih harus membayar tes swab sendiri,” papar Hermawan.

Kata dia, di perusahaan yang ada serikat buruh-pun para pengusaha bisa melakukan tindakan seenaknya. Hermawan khawatir, apalagi jika di perusahaan yang tidak ada serikat buruh, pasti lebih seenaknya.

Karenanya, Hermawan mendatangai Pemkot Bandung dengan harapan bisa ada solusi, meskipun hal ini bukan kewenangan Pemkot Bandung, namun bisa melanjukan intervensi.

“Jadi kami berharap Pemkot Bandung bisa menegur dan mengingatkan kepada para pengusaha nakal agar tensi bisa turun dan para pengusaha nakal tidak mengeluarkan kebijakan semaunya,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung tidak punya kewenangan selain hanya mengawal agar tidak ada konflik di antara pekerja dan pengusaha.

“Kami sudah meminta dinas terkait, agar melakukan sidak dan pemantauan kepada pengusaha yang mungkin melakukan tindakan sewenang-wenang kepada pegawainya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga kerja Kota Bandung, Arief Syaipudin mengatakan, pihaknya sedang menunggu laporan secara online, mana saja perusahaan yang melakukan pelanggaran.

“Kalau ada data purasahaannya, kami tinggal melakukan tindakan,” katanya.

Disinggung mengenai berapa jumlah buruh yang terdampak PPKM ini, Arief juga menegaskan dirinya masih menunggu laporan dari perusahaan di Kota Bandung.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds