12.553 Pelamar Tak Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2021 di Kab Bandung, Alasannya karena Ini

ILUSTRASI: Sejumlah pelamar CPNS tahun 2019 saat melakukan pendaftaran sebelum memasuki ruang ujian. (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

ILUSTRASI: Sejumlah pelamar CPNS tahun 2019 saat melakukan pendaftaran sebelum memasuki ruang ujian. (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – 7.000 pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi rekrutmen CPNS Pemerintah Kabupaten Bandung tahun 2021.


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Wawan A Ridwan mengatakan, dari 19.804 pelamar ada 7.251 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi CPNS 2021, sementara sisanya yaitu sebanyak 12.553 dinyatakan tidak lulus.

Kata Wawan, ada beberapa alasan yang membuat pelamar tidak bisa melanjutkan tahapan selanjutnya. Diantaranya terkait dengan IPK yang tidak memenuhi syarat dan sertifikat akreditasi yang tidak sesuai dengan yang persyaratkan.

“Yang enggak lolos biasanya IPK, ada persyaratan 2,75. Terus ada yang tidak membaca pengumuman awal. Misalnya harus ada surat pernyataan ini, dia tidak ada. Kekurangan persyaratan yang sifatnya wajib,” ujar Wawan saat dihubungi via telepon, kemarin.

“Sosialisasinya lewat pengumuman (persyaratannya), jelas. Harusnya pelamar lebih cermat dan teliti, begitu,” sambungnya.

Selain itu, Wawan mengungkapkan, ada sejumlah pelamar nakal yang ditemukan menggunakan materai yang tidak sesuai. Katanya, satu materai ditempel untuk beberapa surat yang dipersyaratkan. Bahkan ada pelamar yang menggunakan materai hasil download di internet.

“Ada juga yang nakal, misalnya materainya itu ditempel cabut, mau irit mungkin, lalu ada materai yang hasil download juga,” ungkap Wawan.

Hingga akhir pendaftaran CPNS 2021, tutur Wawan, ada formasi yang masih kosong atau tidak ada pelamarnya. Yaitu formasi dokter spesialis.

“Semua rata-rata dimintai, cuman itu mungkin dokter spesialis yang tidak ada yang daftar,” katanya.

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, maka tahapan selanjutnya adalah masa sanggah pada tanggal 4 sampai 6 Agustus 2021. Katanya, masa sanggah itu bisa dimanfaatkan oleh pelamar yang dinyatakan tidak lulus atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Baca Juga: Guru Honorer Pemkab Bandung Akan Terima Insentif Rp2,4 Juta per Tahun

Wawan menuturkan dengan adanya masa sanggah itu, kemungkinan jumlah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan bertambah.

“Nanti kita periksa lagi, betul enggak dia sudah memenuhi. Tapi kalau faktanya belum, sanggahan dia akan ditolak. Kalau benar maka akan diubah menjadi memenuhi syarat,” tutur Wawan.

Baca Juga: Catat! Ini Informasi dari BKPSDM Jika Mau Lolos Daftar CPNS 

Untuk tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD), Wawan mengungkapkan, akan dilaksanakan di Telkom University. Namun untuk jadwalnya masih menunggu Badan Kepegawaian Negara (BKN), mengingat kondisi saat ini yang masih ada pandemi Covid-19.

“Yang tidak lolos mungkin masih ada kesempatan, banyak profesi yang lebih baik untuk mengabdi di masyarakat, bukan hanya PNS atau PPPK tanpa mengurangi pengabdian kepada bangsa dan negara,” pungkas Wawan.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds