Pemkab Bandung Barat Diminta Tingkatkan Target Vaksinasi

TINJAU: Gubernur Jawa Barat, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi. (ist)

TINJAU: Gubernur Jawa Barat, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi. (ist)

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta Pemkab Bandung Barat meningkatkan target vaksinasi Covid-19 perhari mencapai 24.000 orang.


Hal tersebut dilakukan agar akselerasi percepatan vaksinasi yang ditargetkan rampung pada Desember 2022. Dengan begitu, herd immunity segera tercapai.

Ia menjelaskan, hingga saat ini vaksin yang diberikan kepada Pemprov Jabar sebanyak 10 juta dosis dan telah dilakukan vaksinasi sebanyak 9 juta dosis.

“Saya pesan ke bupati (Hengky Kurniawan), memaksimalkan puskesmas-puskesmas minimal 50 orang setiap hari, ajak klinik, rumah sakit, dan aparat desa. Serta partisipasi pihak ketiga,” katanya saat ditemui di IKEA Padalarang, Selasa (3/8/2021).

Ia mengakui, stok vaksin di wilayahnya kini sudah mulai berkurang. Oleh karena itu, Pemprov Jabar tengah menunggu bantuan vaksin kembali dari pemerintah pusat yang rencananya bakal datang pada Agustus ini.

“Stok vaksin kita memang mau habis, Pemerintah menjanjikan ada puluhan juta dosis akan datang pada bulan Agustus ini. Jadi permohonan sudah disampaikan tapi barang (vaksin) belum datang juga,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil.

Ia menyebut, pelaksanaan PPKM level di wilayah Jawa Barat efektif menekan angka penyebaran Covid-19. Hal tersebut terlihat dari keterisian rumah sakit yang saat ini berada pada angka 52 persen.

“Kasus kita melandai, Bed Occupancy Rate (BOR) kita turun ke angka 52 persen dari puncaknya bulan lalu sempat menyentuh 91 persen. Jadi kalau ditanya PPKM berhasil, ya berhasil,” tegasnya.

Emil menegaskan, pihaknya akan memberlakukan perpanjangan PPKM level 4 ini secara proporsional di setiap daerah. Artinya, secara bertahap kegiatan masyarakat dibuka tergantung indikator sebaran kasus Covid-19.

“Akan berlangsung kepada daerah-daerah yang indikatonya masih relatif belum baik. Tapi kan tidak semua begitu. Ada 14 daerah yang sudah membaik dikasih level 3, satu daerah sangat baik yaitu kabupaten Tasikmalaya dikasih level 2,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemberi Suap Bupati Bandung Barat Segera Disidang

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, sejauh ini pihaknya terus berupaya memaksimalkan stok vaksin yang ada untuk diberikan kepada masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

“Kita melakukan vaksinasi disesuaikan dengan stok vaksin yang ada walaupun sebenarnya snagat terbatas,” jelasnya.

Baca Juga: Diminta Kerja Cepat, Sekda Kab. Bandung Cakra Amiyana: Siap Jalankan Amanah

Ia menargetkan, pada Desember 2021 mendatang pihaknya optimistis vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat mencapai target 75 persen. Hengky menegaskan, pihaknya telah menyiapkan skema dalam 40 hari satu juta vaksin dapat tercapai.

“Skema sudah dibuat tinggal support dari pa Gubernur, kita kalau ingin cepet ya vaksinnya harus cepet. Karena kesadaran masyarakat di KBB cukup bagus,” katanya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds