Ribuan UMKM Diajukan Terima Bantuan dari Kemenkraf

BERFOTO :  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Komunitas Aliansi Gelandangan Elite (AGE) saat melakukan sesi foto bersama. (IST)

BERFOTO : Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Komunitas Aliansi Gelandangan Elite (AGE) saat melakukan sesi foto bersama. (IST)

POJOKBADNUNG.com, SOREANG – Ribuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Komunitas Aliansi Gelandangan Elite (AGE), diusulkan untuk mendapatkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Kemenparekraf.


Ketua Umum Komunitas AGE, Yogi Saladin Iriana mengatakan, kurang lebih ada 2.400 UMKM yang diusulkan mendapatkan bantuan tersebut. Kata Yogi, tidak hanya mengusulkan para pelaku UMKM dari Jawa Barat saja, tetapi ada juga UMKM binaan yang berasal dari DKI Jakarta, Banten, Sumatera, Jawa Timur, NTB, NTT dan Sulawesi.

“Hal ini sesuai arahan Pak Menparekraf Sandiaga Uno yaitu melakukan 3G, Gecep, Geber dan Gaspol (Gerak cepat, Gerak Bersama dan Garap semua potensi),” ujar Yogi saat wawancara di Soreang, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: 30 Persen UMKM di Cimahi Gulung Tikar Dihantam Covid-19

Komunitas AGE sendiri, ungkap Yogi, mendapat binaan dari Koperasi Swara Seknas Sejahtera, yang tujuan pendiriannya adalah karena melihat kondisi keterpurukan ekonomi masyarakat pada awal pandemi Covid 19.

“Semoga UMKM anggota Aliansi Gelandangan Elite Binaan Koperasi Swara Seknas Sejahtera dapat segera menerima BIP,” katanya.

Selain BIP, Yogi menyebut ada sekitar 40.000 UMKM binaan yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota di Jawa Barat telah mendapat bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Rasyid Rajasa Ajak UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM binaan Komunitas AGE, Lilis Sumarni (48) berharap kementerian segera menurunkan bantuannya, agar usaha kulinernya bisa bangkit kembali usai tertatih-tatih akibat pandemi Covid 19.

“Biasanya dapat order dari pesta atau rapat-rapat, nah setahun ini banyak yang cancel karena pembatasan. Saya berharap Aliansi Gelandangan Elit bisa membantu kami secara maksimal, bukan hanya untuk saat ini tetapi terus membina kami sampai kedepan,” pungkasnya.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds