Uki Eks NOAH Sebut Musik Haram, Rhoma Irama Bilang Begini

Rhoma Irama saat tampil di malam puncak di hari kedua Synchronize Fest 2018, Sabtu (6/10). (foto: jpc)

Rhoma Irama saat tampil di malam puncak di hari kedua Synchronize Fest 2018, Sabtu (6/10). (foto: jpc)

POJOKBANDUNG.com- MANTAN personel band NOAH, Uki membuat heboh dunia maya yang menyebut musik haram dan pintu pembuka maksiat.


Pemilik nama asli Mohammad Kautsar Hikmat itu juga menyarankan agar industri musik di Tanah Air untuk ditutup. Namun, pernyataan raja dangdut Rhoma Irama sebaliknya. Ia menyebut musik bisa menjadi salah satu sarana berdakwah.

“Dahulu zaman Nabi Muhammad SAW, enggak ada televisi. Begitu ada TV media ini digunakan untuk berdakwah. Begitu juga musik,” kata Rhoma dalam video di kanal Indosiar di YouTube.

Ayah Ridho Rhoma itu mengatakan bahwa musik bisa menjadi haram apabila mengakibatkan manusia itu berbuat maksiat. “Musik bisa membawa kemaslahatan ketika bisa membawa kita kembali pada Allah,” ujar Rhoma.

Ia lantas mencontohkan manusia di belakang senjata orang beriman yang tidak akan menembak sembarangan. “Begitu juga gitar atau pisau itu tergantung siapa yang memegangnya,” tuturnya.

Pesohor kelahiran 11 Desember 1946 itu menegaskan bahwa musik tidak haram justru bisa menjadi media berdakwah.

“Musik itu bisa dijadikan sebagai media komunikasi, edukasi bahkan berdakwah,” ujarnya. Dia juga mengungkapkan bagaimana membuat sebuah lagu dan musik bisa menjadi media berdakwah.

“Lagu itu harus alim, melodi, aransemen, beatnya juga harus harmoni yang punya power. Tetapi ada syarat lain, pembawanya juga harus kosekuen dengan lirik yang diciptakan,” katanya. (jpnn)

Loading...

loading...

Feeds