Bayar Iuran Makin Mudah, Ini Kanal Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK memanfaatkan teknologi dalam hal pelayanan. Hal itu sebagai upaya untuk mempermudah peserta dalam melakukan pendaftaran maupun pembayaran iuran.


Sedikitnya ada 13 kanal yang telah dibuka untuk mengakomodir layanan kepada peserta. Sebut saja Linkaja, Cermati.com dan Agen 46 yang telah mengakomodir pendaftaran dan pembayaran iuran bagi peserta BPJAMSOSTEK.

Sementara kanal lainnya seperti Aplikasi Tokopedia, Gopay, Shopeepay dan Grab, mobile banking Bank-bank Himbara (Himpunan Bank milik Negara) dan Bank BCA, dapat digunakan untuk membayarkan iuran BPJAMSOSTEK.

Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK, Zainuddin mengatakan, pihaknya akan terus menambah kanal khususnya untuk pendaftaran peserta, agar masyarakat semakin mudah mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK.

“Saat ini sebanyak 48,6 juta pekerja telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, itu baru separuh dari populasi pekerja yang eligible untuk terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK. Tugas kami untuk memperluas cakupan perlindungan, salah satu caranya dengan meningkatkan experience pelayanan peserta dan mempermudah akses dalam mendaftar dan membayar iuran BPJAMSOSTEK,” tuturnya.

Ia menambahkan, generasi pekerja milenial merupakan sektor pekerja yang tentunya sangat akrab dengan pemanfaatan teknologi. Ia berharap dengan adanya platform pembayaran melalui aplikasi yang digunakan sehari-hari akan berdampak positif pada cakupan perlindungan pekerja di Indonesia.

“Jadi makin banyaknya pilihan akses pendaftaran dan pembayaran iuran ini harapannya akan semakin mempermudah para pekerja untuk mendapaktan perlindungan jaminan sosial, terlebih iuran yang dibayarkan cukup terjangkau mulai dari Rp16.800 per bulan,” kata Zainudin

Baca Juga: Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Bisa Pakai ShopeePay, Begini Caranya

Zainudin mengingatkan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja agar dapat bekerja dengan tenang. Ke depan, kata dia, BPJAMSOSTEK akan terus berinovasi untuk memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini.

“Semoga dengan perluasan kanal pendaftaran dan pembayaran ini tidak hanya menjadi tonggak keberhasilan perluasan cakupan kepesertaan tapi juga dapat dijadikan sebagai transformasi pembayaran secara digital yang efektif, efisien dan berkesinambungan,” tutup Zainudin.

Baca Juga: Integrasikan Data, Sinergi BPJS Ketenagakerjaan-BPJS Kesehatan Optimalkan Layanan Jaminan Sosial

Di lain kesempatan, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat, Dodo Suharto mengungkapkan, perluasan kanal pendaftaran dan pembayaran iuran ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengakses dan mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK.

“Kami di Jabar akan terus berinovasi dan menyosialisasikan program-program BPJAMSOSTEK termasuk informasi kanal layanan kepada peserta. Kami juga akan semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi digital untuk menambah cakupan perlindungan pekerja di Indonesia, khususnya di Jabar,” pungkasnya.

(*/arh)

Loading...

loading...

Feeds