Ketua Bumdes Langonsari Terpilih, H. Erry D. Sobari Ajak Semua Bersinergi

Proses serah terima Ketua Bumdes Langonsari 2015-2020 Uep Yusuf Tajudin kepada Ketua Bumdes Langonsari 2021-2026 terpilih H. Erry D. Sobari

Proses serah terima Ketua Bumdes Langonsari 2015-2020 Uep Yusuf Tajudin kepada Ketua Bumdes Langonsari 2021-2026 terpilih H. Erry D. Sobari

POJOKBANDUNG.com- Ketua terpilih Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Langonsari periode 2021-2026, H. Ery D. Sobari mengucap syukur dan berbahagia atas kepercayaan masyarakat Desa Langonsari kepada dirinya sehingga ia terpilih sebagai Ketua Bumdes Langonsari.


Namun demikian, dirinya menandaskan harapannya agar semua stakeholder dan eleman masyarakat yang ada di Desa Langonsari ikut berperan aktif, bekerjasama dan bersinergi untuk membangun BUMDes Langonsari ke arah lebih baik lagi. Hal itu, sambungnya akan terealisasikan melalui gerakan serta program-program strategis ke depannya agar perekonomian desa khusus Langonsari dapat lebih dikembangkan.

Menurut Erry yang juga Ketua DKM Darul Mukomah Tirta Regency RW 16 ini menilai Bumdes merupakan wadah dan hadir untuk mengorganisir rakyat desa terlebih guna meningkatkan semangat warga dalam mengembangkan ekonomi bersama. BUMDes juga, lanjutnya, adalah badan usaha yang ada di desa dan dibentuk oleh Pemerintahan Desa bersama masyarakat desa, maka itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi dan kekompakan dalam menjalankan roda BUMDes Langonsari.

“Mudah-mudahan ke depan kita terus mengembangkan BUMDes Langonsari agar manfaatnya dapat lebih dirasakan warga begitupula dibutuhkan dukungan dan supportnya agar program-program ke depan bisa lebih efektif. Saya berjanji melanjutkan program yang sudah baik serta akan mengembangkan program lainnya yang berbasis kesejahteraan. Sebab BUMDes Langonsari bukan lagi rintisan tetapi lebih kea rah percepatan ” ujarnya di Perum Tirta Regency, Selasa (27/7/2021).

Ia menilai, Bumdes bukan hanya sekedar pembentukan semata melainkan dibutuhkan penguatan modal, manajemen serta kajian pasar yang komprehensif akan dapat menunjang berkembangnya BUNDes secara optimal. Maka itu, ia memiliki gagasan program internet desa yang kini sudah berjalan di Perumahan Tirta Regency sebagai pilot project.

“Internet desa merupakan tindaklanjut dan selaras dengan program gubernur terkait digitalisasi desa. Semua pelayanan administrasi kependudukan akan berbasis pelayanan e-tronik. Dan program internet desa sudah saya presentasikan di hadapan pak kades beserta jajaran. Mudah-mudahan terobosan itu bias segera terealisasi di Desa Langonsari,” harapnya.

Bukan hanya internet desa, Erry juga menyoal pemanfaatan lahan tidur yang rencananya akan dikembangkan sebagai program akuaponik. Akuaponik sendiri adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Lahan tidur dari mulai aset desa serta lahan milik warga akan dimanfaatkan sebagai area bercocok tanam hingga akhirnya akan adanya profit sharing, baik sebagai PAD Desa maupun atas lahan warga.

Disamping itu, Erry menegaskan akan mengintegrasikan BUMDes bersama dalam hal ini rencananya BUMDes akan melakukan kolaborasi serta kerjasama dengan industry-industri serta perusahaan di wilayah Desa Langonsari dengan harapan dapat memasok dan menyuplay kebutuhgan sembako bagi karyawan perusahaan tersebut.

Terpisah, Kades Langonsari E. Wiharsa mengharapkan BUMDEs Langonsari dapat berjalan sesuai fungsinya yakni mengayomi serta meningkatkan perekonomian desa maupun warganya.

“Seperti terjadi pada BUMDes di daerah lain, yang berkembang lebih baik serta dapat menghasilkan PAD bagi desa. Maka sewajarnya saya selaku kepala desa memiliki harapan yang sama, bahwa BUMDes Langonsari bisa semakin berkembang dan berjalan kea rah lebih baik melalui program yang dibangun dan berimbas pada meningkatnya roda perekonomian desa,” paparnya melalui sambungan seluler.

Bahkan diungkapkannya, pihaknya telah mengalokasikan anggaran dari Dana Desa untuk program internet desa sekira 200 juta. Ia berharap dengan anggaran tersebut tentunya menjadi modal semangat terbangunnya program berkelanjutan yang kini tengah digagas dan dicanangkan oleh Ketua BUMDes terpilih.

Nama H. Erry D. Sobari sendiri terpilih secara aklamasi setelah salah seorang kandidat lainnya menyatakan mengundurkan diri pada rapat dan Musyawarah Desa yang digelar Permusyawaratan Desa (BPD) Langonsari, di Balai Sawala LT. 2 Desa Langonsari Jl Cibiuk 67A Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Selasa (27/7/2021).

Musdes yang dipimpin Ketua BPD, Zulpian dan dihadiri oleh anggota BPD, juga tampak dihadiri langsung Kepala Desa Langonsari didampingi pengurus desa, hadir beberapa ketua RW se Langonsari, PKK, serta Karang taruna yang ikut menentukan dan memiliki hak suara. Agenda Musdes sendiri direncanakan akan berlanjut untuk penentuan jajaran kepengurusan BUMDes Langonsari dalam memusyawarahkan dan menetapkan posisi pengawas, sekretaris, bendahara dan lainnya yang diharapkan ada keterwakilan di tiap RW guna memberdayakan SDM serta potensi yang ada. (azm)

Loading...

loading...

Feeds