Nakes di 12 RS Jabotabek Dapat Pasokan Obat dan Vitamin

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Kesehatan terus memperluas layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri ke 4 wilayah yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).


Tak hanya untuk pasien, namun kini tenaga kesehatan juga mulai mendapatkan pasokan obat, suplemen hingga vitamin.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien. Hanya pasien kategori isoman, yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

“Dimasa pandemi sekarang ini, layanan telemedicine menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan risiko kesehatan yang seminimal mungkin. Karena antara pasien dan dokter tak perlu bertatap muka, cukup berkonsultasi secara online,” kata pernyataan Kemenkes dalam keterangan tertulis, Senin (26/7).

Pemerintah berupaya dengan berbagai cara untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19, mulai hulu sampai hilir. Di sisi hulu, pemerintah menerapkan kebijakan PPKM untuk mengurangi penyebaran virus serta mempercepat vaksinasi.

Sedangkan di sisi hilir, pemerintah fokus pada peningkatan layanan kesehatan. Terutama menambah jumlah tempat tidur dan ruang isolasi, menambah obat-obatan yang diperlukan, peralatan seperti APD, termasuk menambah tenaga kesehatan.

Baca Juga: Uangnya Ada, Bayar Insentif Nakes Jabar Jangan Terlambat Lagi

Selain pasien, nakes kini mendapatkan bantuan obat-obatan, vitamin, APD, dan nutrisi. Khususnya para nakes di rumah sakit rujukan pemerintah untuk Covid-19.

“Upaya pemerintah untuk mengatasi Covid-19 memerlukan dukungan dari berbagai pihak termasuk sektor Industri. Kita perlu berkolaborasi dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia,” kata Head External Communication PT Kalbe Farma Tbk. Hari Nugroho.

“Supaya tenaga kesehatan tetap semangat dan tetap sehat melawan Covid-19,” lanjutnya.

Baca Juga: Tak Percaya Covid-19, Keluarga Pasien Ini Minta Nakes Sumpah Talak Tiga

Suplemen vitamin, hand sanitizer, masker serta susu dan makanan diberikan untuk tenaga kesehatan di 12 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabotabek.

Rumah sakit tersebut yakni RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSUP Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, RSPAD, RSUP Fatmawati, RSUD Bekasi, RS Tzu Chi, RSUD Pasar Rebo, RSUD Tarakan, RSDC Wisma Atlet, RSUD Cengkareng dan RSDC Wisma Haji Pondok Gede, ditambah dengan 5 rumah sakit di luar Jabotabek antara lain RSUP dr. Kariadi Semarang, RSUP dr. Sardjito Jogjakarta, RSUD Dr.Soetomo Surabaya, RSUD Moewardi Surakarta dan RSUD dr.Loekmono Hadi Kudus.

“Rencananya juga akan dilanjutkan ke 61 rumah sakit pemerintah rujukan Covid-19 yang lain di Jabotabek dan non jabotabek, termasuk rumah sakit yang berada di luar Jawa,” katanya.

Sebelumnya pihaknya juga berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Jakarta Timur untuk mengadakan sentra vaksinasi Covid-19 tahap 1 dan tahap 2 bagi masyarakat. Bertempat di SD St. Fransiskus III Kayu Putih Jakarta Timur, Kalbe telah menyelesaikan vaksinasi tahap 1 dan tahap 2 dengan total 4800 dosis vaksin.

(radarbogor)

Loading...

loading...

Feeds