Dinkes Kab Bandung Pastikan Insentif Nakes Tak Dipersulit, Mudah-mudahan Segera Cair

NAKES : Seorang tenaga kesehatan saat keluar dari ruang Vaksinasi saat kegiataan Vaksinasi masal di Pasar Baru Trade Center, Kota Bandung. (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

NAKES : Seorang tenaga kesehatan saat keluar dari ruang Vaksinasi saat kegiataan Vaksinasi masal di Pasar Baru Trade Center, Kota Bandung. (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana memastikan tidak ada upaya untuk mempersulit pencairan insentif tenaga kesehatan (nakes). Proses pengajuan anggaran tersebut harus disampaikan kepada Badan Keuangan Daerah, lalu disampaikan ke instansi kemudian disampaikan ke puskesmas.


“Januari sampai April sudah masuk ke Badan Keuangan Daerah, kita lagi verifikasi yang Mei sampai Juni, ya mudah-mudahan tidak lama,” ujar Grace saat dihubungi Radar Bandung, Senin (26/7/2021).

Grace mengungkapkan di Kabupaten Bandung ada 62 puskesmas, total ada 7.000 nakes. Masing-masing nakes mendapatkan insentif dengan jumlah yang berbeda-beda. Kata Grace, dalam proses pengajuan anggaran untuk insentif kepada Badan Keuangan Daerah itu, seluruh persyaratan dari 62 puskesmas harus terkumpul semua.

“Enggak ada proses yang kita persulit. Terkadang dari teman-teman puskesmas, misal administrasinya, karena buru-buru diserahkan, ternyata belum ada tanda tangan kepala puskesmasnya, kemudian juga laporan pendukungnya enggak ke bawa,” tutur Grace.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Bandung Menipis

“Jadi ini kan mekanismenya, 62 puskesmas itu harus kita kumpulkan dulu, semuanya harus lengkap dulu,” jelasnya.

Baca Juga: Tak Percaya Covid-19, Keluarga Pasien Ini Minta Nakes Sumpah Talak Tiga

Grace juga berharap insentif untuk para nakes ini bisa tepat waktu. Namun karena pengajuannya harus serentak seluruh puskesmas dan ada sedikit perubahan peraturan dari Kemenkes dibandingkan tahun lalu, sehingga harus ada penyesuaian.

“Dalam proses pencairan insentif ada suatu proses. Kalau semuanya lancar ya cepat, tapi kalau ada satu hambatan saja, ya harap bersabar. Harapannya semua puskesmas pengajuannya tepat waktu. Tetap semangat,” pungkas Grace.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds