Dapat Restu Mendagri, Bupati Bandung Akan Lakukan Ini pada Pejabat Eselon II

WWANCARA: Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat diwawancara.

WWANCARA: Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat diwawancara.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Sudah dapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengaku akan melakukan rotasi terhadap pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten Bandung.


“Sebentar lagi ada uji kompetensi (ujikom). Saya sedang menunggu surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkiat ujikom tersebut. Karena dari Mendagri sudah mengijinkan saya untuk merotasi pejabat eselon dua,” ujar Kang DS sapaan Dadang Supriatna saat wawancara di Baleendah, Rabu (21/7/2021).

Pihaknya diperkenankan merotasi 25 persen pejabat eselon II yang ada di Kabupaten Bandung, termasuk pegawai yang menduduki jabatan sekretaris dinas, kepala bidang dan sebagainya. Salah satu instansi yang disorot orang nomor satu di Kabupaten Bandung yaitu Dinas Pendidikan.

“Kita akan restrukturisasi, karena ingin percepatan dan ingin pelayanan yang tentunya bersih dan sesuai dengan harapan orang tua, agar bisa mengembalikan marwah pendidikan ini kepada arah yang lebih baik,” tutur Dadang.

Kang DS akan melakukan pengkajian terhadap fungsi koordinator wilayah (korwil) bidang pendidikan. Menurutnya, korwil itu tidak ada dalam Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Dinas Pendidikan.

“Jika seandainya korwil ternyata itu tidak ada payung hukumnya, tidak ada dalam SOTK dan SOP nya, maka cenderung saya merekomendasikan korwil itu dibubarkan. Dan kembali kepada SOP yang sebenarnya yaitu pengawas dan penilik,” tutur Kang DS.

“Korwil disini dibentuk itu tidak ada biaya profesional, sehingga saya sarankan dan mungkin akan kita evaluasi secara menyeluruh,” sambungnya.

Keberadaan korwil tersebut sebenarnya merupakan kebijakan Dinas Pendidikan yang berfungsi dalam hal operasional.

“Kalau disitu melanggar atau misalnya tidak sesuai dengan perda, ya lebih baik kita bubarkan,” pungkas Kang DS.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds