FIFA Uji Coba 5 Aturan Baru Sepakbola

FIFA

FIFA

POJOKBANDUNG.com, ZURICH – Eksperimen perubahan aturan baru sepakbola tengah FIFA lakukan. Ada 5 aturan yang FIFA uji coba.


Dalam laporan Mundo Deportivo, dikutip dari Sport Bible, tim U-19 dari PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge terlibat dalam proyek eksperimen aturan baru FIFA ini.

Eksperimen masih jauh dari kepastian perubahan, namun sudah jadi perbincangan hangat pada kalangan penggemar sepak bola. Banyak protes yang beredar pada media sosial seiring munculnya ide eksperimen ini oleh FIFA.

5 aturan baru sepakbola yang sedang diuji coba FIFA

  1. Satu Babak 30 Menit

Uji coba yang FIFA tengah lakukan salah satunya adalah untuk membuat satu babak dalam laga sepak bola menjadi hanya 30 menit. Dengan demikian, durasi satu pertandingan hanya makan waktu selama satu jam.

Andai aturan ini terealisasi, ini adalah perubahan paling signifikan dalam sejarah peraturan sepak bola.

  1. Waktu Berhenti Saat Bola Keluar

Meski waktu menjadi lebih singkat menjadi 30 menit satu babak, namun ada aturan penyertanya, yakni waktu berhenti saat bola keluar lapangan.

Dengan demikian, waktu 30 menit tiap babak adalah waktu bersih seperti halnya yang ada dalam bola basket.

Selama ini, 45 menit waktu sepak bola adalah waktu ‘kotor’ karena detik terus berjalan ketika bola keluar atau ada pemain yang cedera.

Kompensasi dari hal itu biasanya ada lewat tambahan menit pada masa injury time, yang rentangnya berkisar antara 1-5 menit, atau lebih dari 5 menit bila ada insiden yang makan waktu lama.

  1. Tak Ada Batas Pergantian Pemain

Bila selama ini pergantian pemain dalam sepak bola hanya 3, menjadi 5 ketika pandemi Covid-19, dalam eksperimen ini tidak ada batas pergantian pemain.

Dengan kondisi tersebut, ini bakal menguntungkan klub yang punya kedalaman tim mumpuni, sebab mereka bisa memainkan seluruh pemain berkualitas dalam skuad mereka.

  1. Throw In Diganti Kick In

Dalam sepak bola, tiap bola keluar dilakukan lemparan ke dalam dengan menggunakan tangan.

Dalam eksperimen ini, tiap bola keluar bakal kembali dimulai dengan kick-in seperti halnya futsal.

Perubahan ini memungkinkan tiap situasi bola keluar bakal jadi lebih berbahaya bagi tim lawan daripada lemparan ke dalam.

  1. Hukuman 5 Menit untuk Kartu Kuning

Dalam laga sepak bola saat ini, kartu kuning adalah hukuman awal yang bisa berujung kartu merah andai sang pemain kembali melakukan pelanggaran keras.

Selain itu, hukuman untuk kartu kuning biasanya berupa akumulasi dari beberapa pertandingan. Bila sang pemain sudah mendapat beberapa kartu kuning, barulah ia tak boleh tampil pada beberapa laga berikutnya.

Namun dalam peraturan baru, FIFA mencanangkan pemain yang terkena kartu kuning harus keluar lapangan selama 5 menit. Setelah 5 menit berlalu, barulah sang pemain bisa kembali masuk ke lapangan.

(FIFA/rak/sb/jpc/jay/JPR)

Loading...

loading...

Feeds