Ikan Gabus Bermanfaat untuk Pasien Positif Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Gizi

ikan gabus. (ilustrasi)

ikan gabus. (ilustrasi)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Daging ikan gabus memiliki kandungan zat albumin yang sangat tinggi. Jenis protein ini selain sangat penting dalam proses penyembuhan luka juga bermanfaat bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Diketahui, albumin adalah senyawa protein yang dominan ditemukan dalam plasma darah.


dr. Arti Indira adalah seorang dokter Spesialis gizi klinik lulusan cum laude dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang saat ini, berpraktik di Beyoutiful Wellness Clinic, menyampaikan, kandungan protein pada ikan gabus cukup menunjang kebutuhan albumin.

Kandungan protein pada ikan gabus tersebut dikatakan lebih tinggi daripada rata-rata ikan lainnya, serta memiliki kandungan albumin yang lebih tinggi daripada telur.

“Sekarang banyak penelitian di bidang gizi salah satunya terkait albumin. Berdasarkan penelitian, ternyata kadar algumin di darah pada waktu pasien Covid-19 terdiagnosis positif ini berhubungan dengan erat dengan prognosisnya,” ungkapnya dalam webinar secara virtual bertajuk Manajemen Karantina atau Isolasi Mandiri di Rumah, ditulis Radar Bandung, Minggu (18/7/2021).

“Pada pasien yang memiliki kadar albuminnya yang tinggi ternyata memiliki prognosis yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pasein positif dengan kadar albumin yang lebih rendah,” katanya.

Arti menyampaikan, albumin ini juga bisa berkurang karena memang asupan makannya yang menurun. Secara umum, lanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan albumin, perlu untuk mencukupkan asupan protein sekitar 0,8 gram per berat badan.

Arti melanjutkan, menjaga asupan makanan yang sehat sangat penting bagi setiap orang, khususnya mereka yang tengah karantina atau isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19.

Selain menjaga asupan protein sesuai kebutuhan, hal yang juga harus diperhatikan adalah asupan gula dan garam yang tidak berlebihan.

“Jangan sampai sedang karantina di rumah teyapi pesana orderan makanan onlinenya seperti ini (minuman kemasan kadar gula sangat tinggi). minuman kadar gula tinggi akan meningkatkan risiko kita sebagai komprbid ataupun membuat metabolisme tubuh tidak baik,” katanya.

“Garam memang mineral penting tetapi jangan berlebihan. rekomendasinya satu sendok teh perhari. penggunaan garam dan penyedap dibatasi gantilah dengan rempah-rempah,” pungkasnya.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds