Warga Isoman Tak Dapat Perhatian Aparat Kewilayahan? Hengky: Laporkan ke Pemkab!

TINJAU: Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat meninjau kesiapan sarana prasarana lokasi Isoman. (FOTO: HENDRA HIDAYAT/ RADAR BANDUNG)

TINJAU: Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat meninjau kesiapan sarana prasarana lokasi Isoman. (FOTO: HENDRA HIDAYAT/ RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengintruksikan Satgas Covid-19 hingga tingkat wilayah berperan aktif menangani pasien terpapar korona yang menjalani isolasi mandiri.


Menurutnya, RT/RW, Pemerintah Desa dan Kecamatan harus betul-betul memperhatikan warga yang terpapar Covid-19. Terlebih ketika ada pasien bergejala klinis yang membutuhkan penanganan medis.

“Kita ingin masyarakat yang isoman itu betul-betul juga mendapat perhatian. Jangan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lantaran terlambatnya penanganan,” kata Hengky, Jumat (16/7/2021).

Ia menegaskan, jika ada pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) kemudian mempunyai keluhan gejala klinis, maka RT dan RW segera melakukan laporan ke desa yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh pihak kecamatan.

“Kalau misal, desanya tidak membantu dan segala macam, boleh dilaporkan ke Pemda Bandung Barat,” jelasnya.

Di sisi lain, Hengky menyebut, sejauh ini hampir di seluruh wilayah kesulitan mendapatkan tabung oksigen medis. Oleh karena itu, dirinya meminta masyarakat yang mempunyai tabung oksigen medis kosong untuk sukarela dipinjamkan.

“Terus yang paling penting bahwa bagi masyarakat yang misalnya sudah sembuh dan memiliki tabung oksigen dirumah nganggur, tolong pinjamkan ke yang sakit misalnya tetangga karena tabung oksigen medis tidak diproduksi di Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Penjual Hewan Kurban di Bandung Wajib Punya Surat Bebas Covid-19

Ia menegaskan, pihaknya berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk memastikan bahwa pasokan oksigen di Kabupaten Bandung Barat untuk pasien Covid-19 yang bergejala klinis aman.

“Untuk pasokan oksigen kita kolaborasi dengan Provinsi Jabar untuk minta selalu disupport. InshaAllah tidak ada masalah kalau untuk pengisiannya,” tegasnya.

Baca Juga: Ini 8 Obat yang Resmi Diizinkan BPOM untuk Obat Terapi Pasien Covid-19

Hengky mengimbau, masyarakat untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan disiplin. Selain itu, dirinya pun meminta masyarakat untuk disiplin mentaati kebijakan PPKM Darurat.

“Tetap jalankan 5 M yakni, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds