Tayang Bincang UPI, Habib Husein Ja’far Al Hadar: Ada 3 Pelajaran Penting tentang Kurban

Habib Husein Ja'far Al Hadar sebagai pembicara utama pada kegiatan Tayang Bincang dengan tema 'Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh' yang digelar Universitas UPI melalui Panitia Idul Adha 1442 Hijriah/2021, Jumat (16/7/2021). (ist)

Habib Husein Ja'far Al Hadar sebagai pembicara utama pada kegiatan Tayang Bincang dengan tema 'Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh' yang digelar Universitas UPI melalui Panitia Idul Adha 1442 Hijriah/2021, Jumat (16/7/2021). (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Panitia Idul Adha 1442 Hijriah/2021 menyelenggarakan kegiatan Tayang Bincang dengan tema Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh.


Kegiatan diikuti ratusan peserta dan diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung melalaui live streaming youtube TVUPI, Jumat (16/7/2021). Narasumber disampaikan oleh ustad muda, Habib Husein Ja’far Al Hadar yang merupakan Pendakwah Millenial Pemuda di Indonesia.

Ketua Pelaksana Dr. Syaifullah, S.Pd, M.Si, menyampaikan, melalui tema Spirit Kurban dan Pribadi Muslim Tangguh bisa mengambil hikmah dari nilai-nilai fundamental sebagai pribadi muslim, dalam berqurban terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Ketua Umum DKM Mesjid Al-Furqon Prof. Dr. H. Syihabuddin, M. Pd menyampaikan, spirit kurban sejalan dengan nilai kurban untuk mnenjadikan umat muslim sebagai penyemangat dalam berbagai kegiatan kebaikan, ibadah dan kegiatan positif lainya.

“Penyelenggaraan kegiatan tayang bincang ini juga sejalan dengan yang dicontohkan para nabi dan
Rasulullah SAW. Semoga pribadi muslim yang tanggung ini bisa menjadi pribadi kita semuanya,” jelasnya.

Baca Juga: Penjual Hewan Kurban di Bandung Wajib Punya Surat Bebas Covid-19

Ketua Pelaksana Idul Adha UPI 1442 Hijriah/2021 Prof. Dr. Tri Indri Hardini, M.Pd sekaligus Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI menyampaikan, kegiatan Tayang Bincang ini diselenggarakan dalam rangka penyelenggaraan Idul Adha Idul 1442 Hijriah/2021 di UPI.

“Rangkaian kegiatan Idul Adha 1442 Hijriah/2021 mendapatkan respon yang positif dari publik, khususnya Keluarga Besar UPI serta masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Habib Husein Ja’far Al Hadar menyampaikan, makna surat Al-Kausar Ayat ke 2 tentang perintah berqurban. Allah SWT berfirman Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Baca Juga: Wagub Jabar Sidak Pasar Hewan Kurban di Cimahi, Hasilnya Begini

Habib Husein Ja’far Al Hadar menjelaskan tentang Fondasi ajaran agama Islam adalah Tauhid. Menurutnya, paling tidak ada tiga pelajaran penting dan bermakna dari ajaran kurban.

“Pertama, berkurban merupakan satu ajaran yang menagajarkan kepada kita untuk tidak menukar ketaqwaan kita dengan yang lain yang sifatnya duniawi selain dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” jelasnya.

Kemudian, sambungnya, pelajaran penting kedua, setiap orang pasti punya sifat kebinatangan yang sumbernya dari hawa nafsu. Jihad paling utama adalah perang melawan hawa nafsu pada diri umat muslim sendiri.

“Melalui qurban, kita belajar menjauhkan dari sifat kebinatangan. Ketiga, spirit kurban mengajarkan satu prinsip utama dalam keimanan kita senantiasa menyembah kepada Allah SWT,” tandasnya.

(dbs)

Loading...

loading...

Feeds