Harga Bumbu Dapur dan Cabai Diperkirakan Naik Jelang Iduladha

CABAI: Harga cabai dan bumbu dapur diperkirakan naik jelang hari raya Iduladha.

CABAI: Harga cabai dan bumbu dapur diperkirakan naik jelang hari raya Iduladha.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Harga cabai dan bumbu dapur diperkirakan naik jelang hari raya Iduladha.


Kasi Perdagangan Dalam Negeri Bidang Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Disperindag Kabupaten Bandung, Asep Tresna mengatakan, berdasarkan laporan masing-masing pasar se-Kabupaten Bandung, perkembangan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), jelang hari raya Idul Adha relatif tidak ada kenaikan.

“Hanya ada kenaikan, pertama tepung terigu dimana harga normalnya Rp9 ribu jadi Rp10 ribu. Untuk cabai merah ini lumayan besar kenaikannya, dari Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu,” ujar Asep saat dihubungi via telepon, Jumat (16/7/2021).

Jadi pada dasarnya secara keseluruhan harga pokok dan penunjang lainnya relatif sama. Meski demikian, Asep mengaku belum bisa memastikan. Karena pada saat mendekati Idul Adha akan ada kenaikan harga pada kebutuhan penunjang, seperti cabai dan bumbu.

“Cabai merah, cabai keriting tanjung, cabai rawit hijau dan merah harganya sama. Nah cabai-cabai inilah yang biasanya saat mendekati hari raya Iduladha itu suka naik,” tutur Asep.

Terkait dengan kegiatan sidak pasar, Asep mengungkapkan, dilakukan saat harga melambung tinggi dan tidak rasional. Jika harga normal, pendistribusian normal dan stok banyak, maka tidak perlu dilakukan sidak.

Di tengah kondisi pandemi Covid 19 dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Asep berharap para pedagang bisa terus berjualan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi meski ada PPKM Darurat, mereka bisa berjualan untuk menghidupi keluarganya. Mudah-mudahan Covid-19 ini bisa cepat berlalu,” pungkas Asep.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds