Pejabat Bandung Barat Dimutasi, Dewan Hentikan Pembahasan RPJMD

ILUSTRASI: Suasana area depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

ILUSTRASI: Suasana area depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Komisi I DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyesalkan adanya rotasi mutasi pejabat yang dilakukan Pemkab Bandung Barat pada Jumat (8/7/2021). Akibatnya, Pansus Perubahan RPJMD KBB menghentikan pembahasan.


Ketua Komisi I DPRD KBB, Wendi Sukmawijaya menjelaskan, dihentikannya pembahasan perubahan lantaran tim penyusun RPJMD Bapelitbangda KBB dimutasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain.

“Banyaknya pejabat menduduki posisi jabatan baru sehingga tidak menguasai materi subtansi RPJMD KBB,” kata Wendi, Kamis (5/7/2021).

Ia menilai, rotasi dan mutasi tersebut dilakukan tidak didasarkan pada perencanaan dan koordinasi yang baik antara organisasi dengan pemangku kebijakan. Akibatnya, pembahasan RPJMD terhambat.

“Tidak hanya itu saja hal tersebut akan mengganggu keseimbangan arah pengelolaan dan pembangunan di KBB,” tegasnya.

Baca Juga: Dispernakan Bandung Barat Periksa 5.428 Hewan Kurban, Sebagian Ada yang Sakit

Wendi menyebut, rotasi mutasi yang dilakukan oleh Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan dinilai terburu-buru tanpa mempertimbangkan aspek lain yang lebih penting.

“Sebenarnya masih banyak persoalan penting apalagi dimasa pandemi dengan pola pembatasan PPKM Darurat saat ini,” jelasnya.

Baca Juga: Ini 8 Obat yang Resmi Diizinkan BPOM untuk Obat Terapi Pasien Covid-19

Sebelumnya, Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menegaskan, rotasi mutasi dilakukan untuk memaksimalkan peran OPD dalam merealisasikan seluruh program yang telah dicanangkan demi kepentingan masyarakat.

“Pandemi bukan alasan untuk tidak profesional. Jadi, tetaplah produktif meski saat ini mayoritas ASN lebih banyak Work From Home (WFH). Saya juga menginginkan seluruh ASN untuk lebih inisiatif, kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan pada masyarakat,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds