Gerakan Penghijauan, 17.000 Bibit Pohon Ditanam di 6 Kota Termasuk Bandung

BAF Donasikan 17.000 Bibit pohon di 6 kota sebagai wujud kepedulian terhadp lingkungan. (IST)

BAF Donasikan 17.000 Bibit pohon di 6 kota sebagai wujud kepedulian terhadp lingkungan. (IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Isu lingkungan hidup sudah lama menjadi perhatian, terutama pencemaran udara oleh kendaraan bermotor. Berdasarkan Data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK) Juni 2021, emisi kendaraan bermotor berkontribusi terhadap 70 persen pencemaran udara di wilayah perkotaan.


Permasalahan pencemaran udara ini tentunya tidak cukup jika hanya diatasi dengan pembatasan emisi kendaraan bermotor saja, namun juga perlu dilakukan upaya restorasi lingkungan. Salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini yakni melalui gerakan penghijauan.

Seperti halnya yang dilakukan PT Bussan Auto Finance (BAF), yang melakukan gerakan penghijauan. Program ini difokuskan pada penanaman lebih dari 50.000 bibit pohon pada 2021 yang dapat menyerap karbon dioksida (CO2) dan menyerap banyak air seperti pohon trembesi, tabebuya, mahoni dan sejenisnya.

“Penanaman bibit pohon dilakukan secara bertahap di 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar,” ucap Ibu Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli.

Gerakan Penghijauan BAF ECO Move dilaksanakan dalam tiga tahap di tahun ini. Tahap pertama, dilaksanakan pada Juni 2021. Tahap berikutnya akan dilaksanakan di bulan September dan November 2021. Penyerahan bibit pohon tahap pertama ini dilakukan pada Rabu (76/2021) oleh BAF kepada dinas terkait di kabupaten kota.

“Selanjutnya akan dilakukan penanamannya di beberapa titik yang telah ditentukan oleh masing-masing Dinas Lingkungan Hidup/Dinas Pertamanan & Hutan Kota/Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau kota setempat,” jelasnya.

Baca Juga: Dukung SMK Peternakan, Telkomsel Serahkan Hewan dan Bibit Pohon Produktif

Lynn menyebut, selain dukungan terhadap penghijauan lingkungan, program ini dilakukan sebagai salah satu langkah BAF dalam mendukung penerapan keuangan berkelanjutan sehingga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kami sebagai pelaku industri jasa keuangan turut memiliki andil untuk memberikan dukungan dalam melakukan kegiatan bisnis yang mengedepankan keselarasan terhadap kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Kami juga mengajak semua elemen warga untuk turut berpartisipasi menjadi bagian dalam program ini,” tandasnya.

“Pada tahap pertama ini BAF mendonasikan total 17.000 bibit pohon yang penanamannya akan tersebar di 6 kota besar di Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga:Proyek Pertambangan di Indramayu dan Cirebon Dinilai Rusak Lingkungan

Di samping BAF ECO Move, BAF juga tetap melanjutkan kegiatan BAF Lions Run untuk donasi penderita diabetes dan kegiataan CSR untuk edukasi anak-anak bertajuk “BAF Caring for Children”.

“Kegiatan-kegiatan ini akan diselenggarakan pada Agustus dan September mendatang,” pungkasnya.

(rls)

Loading...

loading...

Feeds