Wisata Ditutup, Lebih dari 4 Ribu Karyawan Hotel di KBB Terancam Dirumahkan

Ilustrasi suasana di sekitar kawasan objek wisata Lembang

Ilustrasi suasana di sekitar kawasan objek wisata Lembang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 4 ribu lebih karyawan hotel terancam kembali dirumahkan akibat kebijakan penutupan industri wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB).


Hal tersebut lantaranKBB masuk lagi zona merah atau risiko tinggi Covid-19. Terlebih, virus varian baru Covid-19 Delta telah masuk KBB.

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) KBB Eko Suprianto mengatakan, buka tutup wisata membuat PHRI harus kembali merumahkan ribuan karyawan.

Jumlah anggota PHRI ada 4.600 karyawan. Dalam keadaan tutup, hanya 10 persen karyawan yang dipekerjakan. Artinya, ada sekitar 4.100 karyawan bakal dirumahkan.

“Kita pasti harus merumahkan karyawan. Pilihan ini cukup pelik, tapi ini harus kita ambil. Karena beberapa pekan industri perhotelan dan restoran sulit bangkit,” kata Eko, Rabu (30/6).

Ia menegaskan, PHRI tetap mendukung upaya pemerintah menutup industri wisata dan perhotelan sebagai langkah mengendalikan Pandemik Covid-19. Namun ia minta kebijakan itu tidak tebang pilih.

“Mestinya pemerintah juga menyoroti lokasi-lokasi yang menjadi titik kerumunan di luar industri wisata seperti pusat perbelanjaan, kegiatan pernikahan, keagamaan, dan lainnya,” tambah Eko.

Sementara itu, Kadisbudpar KBB, Heri Pratomo mengatakan, objek wisata ditutup selama sepekan sampai 5 Juli mendatang.

“Iya secara otomatis ditutup. Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Plt Bupati Bandung Barat saja,” katanya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds