Polda Jabar Bongkar Kasus Penipuan Berkedok Investasi Bodong WO

ILUSTRASI: Polda Jabar membongkar kasus penipuan dan penggelapan serta pencucian uang senilai miliaran rupiah bermodus investasi Wedding Organizer (WO).

ILUSTRASI: Polda Jabar membongkar kasus penipuan dan penggelapan serta pencucian uang senilai miliaran rupiah bermodus investasi Wedding Organizer (WO).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Unit 1 Subdit II Ditreskrisus Polda Jabar membongkar kasus penipuan dan penggelapan serta pencucian uang senilai miliaran rupiah. Penipuan dan penggelapan itu bermodus investasi Wedding Organizer (WO).


Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Erdy A Chaniago mengungkapkan, WO tersebut bernama 4 Seseason. Pihak WO menjanjikan akan memberikan keuntungan sebesar 2,5 persen sampai dengan tiga persen serta modal investasi akan dikembalikan dalam jangka waktu tiga bulan.

“Para korban berasal dari kota Bandung sebanyak 6 orang dan kemungkinan ada juga korban lainnya di luar 6 orang yang melapor ke Polda Jabar,” katanya, kemarin.

Erdi mengatakan, dari kejadian tersebut ke enam orang korban mengalami kerugian sebesar Rp1.454.800.000. Polisi berhasil menangkap seorang tersangka berinisial MBW.

“Pelaku berinisial MBW yang memiliki Wedding Organizer,” ungkap Erdi.

Adapun, dari hasil pemeriksaan MBW, modal investasi yang diterima dari para korban tidak semuanya dipergunakan untuk usaha event sebagaimana yang ditawarkan, melainkan dipergunakan untuk menutup keuntungan kepada para investor lainnya atau gali lubang tutup lubang, serta digunakan untuk kepentingan pribadi MBW.

WO tersebut sudah cukup lama berkegiatan serta telah menggarap sejumlah acara pernikahan. Sejak 2018 lalu, tersangka disebut sudah melancarkan bujuk rayunya kepada sejumlah orang. Pada tahun 2019, WO tersebut mulai terganjal masalah keuangan.

Dari hasil pemeriksaan, untuk mengelabui disebutkan bahwa tersangka sempat juga memberikan cek kosong kepada para korban.

Atas perbuatannya tersebut tersangka dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHPidana dan UU RI No. 08 Tahun 2010 tentang pemberantasan dan pencegahan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan acaman hukuman kurungan di atas lima tahun penjara.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds