Antisipasi Banjir, PT KCIC Maksimalkan Normalisasi Saluran Drainase

PEMBANGUNAN: Ilustrasi pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung di Cimahi, beberapa waktu lalu. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT

PEMBANGUNAN: Ilustrasi pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung di Cimahi, beberapa waktu lalu. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – PT Kereta Cepat Indonesia -Cina (KCIC) memastikan pihaknya telah melakukan Analisa Masalah Dampak Lingkungan (AMDAL), sebelum proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dilaksanakan.


Corporate Secretary PT KCIC, Mirza Soraya mengatakan, pihak konsorsium telah melakukan investigasi terkait keluhan warga yang menyebut pengerjaan proyek KCIC sebagai penyebab terjadinya banjir pada kawasan tersebut.

“Banjir memang kerap terjadi sebelum proyek KCIC berlangsung. Hal itu lantaran sempitnya eksisting drainase di pemukiman warga  yang hanya memiliki dimensi 40 cm x 40 cm sehingga sulit menampung debit air yang tinggi,” kata Mirza.

Meski demikian, Mirza katakan, pihaknya telah melakukan antisipasi banjir serupa dengan melakukan normalisasi saluran drainase di sekitar lokasi permukiman warga secara berkala sejak pengeboran maupun pembangunan pier.

“Lokasi pemukiman warga itu memang berada pada cekungan sehingga lebih rawan tergenang. Selain itu, saluran pembuangan di lokasi perumahan relatif kecil dan sebagian diantaranya melalui dalam rumah penduduk mengakibatkan air tidak bisa mengalir maksimal,” tuturnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak konsorsium kontraktor untuk meningkatkan aktivitas normalisasi. Termasuk menghadirkan solusi lain untuk mengantisipasi banjir menerjang kawasan pemukiman warga.

“Kita akan membuat sodetan ataupun drainase baru yang menunjang aliran air. Dengan begitu, potensi luapan air bisa ditekan,” ucapnya.

Ia menegaskan, pihak PT KCIC akan memberikan yang terbaik untuk menekan potensi dampak yang muncul akibat proyek pembangunan.

Mirza menyebut, pihaknya sangat terbuka pada warga jika memang pada pelaksanaan pembangunan ada dampak-dampak yang dirasakan warga sekitar.

“Jika warga menemukan persoalan di lapangan yang diduga merupakan dampak dari pembangunan proyek, warga dapat berkoordinasi melalui petugas, kontraktor proyek, maupun pihak kami, PT KCIC akan terbuka dengan menindaklanjuti persoalan tersebut agar dapat segera diselesaikan,” pungkasnya. (kro)

 

Loading...

loading...

Feeds