Pemkab Bandung Barat Siapkan Shelter Isolasi Penderita Covid-19

VAKSIN: Seorang pedagang menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

VAKSIN: Seorang pedagang menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Pemkab Bandung Barat akan menyiapkan ruangan shelter atau ruang tunggu bagi warga yang usai menjalani perawatan maupun isolasi akibat terpapar Covid-19.


Hal tersebut untuk mengurangi keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat saat ini yang over kapasitas akibat membludaknya pasien Corona.

Ketua Harian Satgas Covid-19 KBB, Asep Sodikin menjelaskan, saat ini tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 hampir mencapai batas maksimal. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan alternatif menambah ruang perawatan.

“Selain itu juga kita mencoba untuk mengurangi beban rumah sakit rujukan bagi pasien yang sudah membaik. Nantinya akan dipindahkan ke shelter sambil menunggu hasil pasti kondisi kesehatannya,” katanya saat ditemui, Senin (28/6).

Ia menambahkan, upaya tersebut dinilai efektif menekan angka keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19. Rencananya shelter itu akan berada di setiap desa ataupun terpusat di gedung Diklat yang ada di KBB.

“Dari sisi hilir Dinkes KBB sudah menyiapkan menambah bed perawatan di RSUS Cikalongwetan yang hanya merawat pasien Covid-19. Selanjutnya pasien yang sudah membaik mengalir ke shelter agar tidak membludak di RS,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, selain menambah kapasitas tempat tidur dan vaksinasi Covid-19 secara masif pihaknya pun gencar menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 bagi masyarakat.

“Walaupun sudah divaksin, tetep saja masih ada risiko terpapar covid-19. Oleh karena itu, penerapan disiplin 5M penting dilakukan,” katanya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds