BNN Kota Bandung Ajak Pelajar dan Mahasiswa Perangi Narkoba

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) setiap tahun diperingati pada tanggal 26 Juni dengan tujuan untuk memperkuat aksi dan kerjasama secara global, sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial-ekonomi, serta keamanan dan perdamaian dunia.


Berdasarkan hasil survey prevalensi penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional dan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya-LIPI Tahun 2019 secara nasional diketahui bahwa 240 dari 10.000 penduduk Indonesia berumur 15-64 tahun terpapar pernah memakai narkoba yaitu sebesar 2,40% (4.534.744 orang).

Berdasarkan hasil survey prevalensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jawa Barat menunjukkan sebesar 0,60% (95.259 orang) penduduk Jawa Barat pernah memakai narkoba dan Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah pemakai narkoba menggunakan jarum suntik terbanyak se-Indonesia mencapai 20% dari seluruh pemakai narkoba di Jawa Barat yang jumlahnya mencapai 13.608 orang.

Angka yang cukup memprihatinkan sehingga Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan Indonesia Darurat Narkoba.

Hal ini sudah seharusnya menjadi keprihatinan bersama seluruh masyarakat untuk menghadirkan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia dan menciptakan ketahanan diri dan ketahanan keluarga dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dalam rangka memperingati HANI tahun 2021 yang memiliki tema “Perang Melawan Narkoba di Era Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar)”, BNN Kota Bandung bersama beberapa pelajar dan mahasiswa Kota Bandung melakukan kolaborasi inovasi P4GN untuk menyuarakan Perang Melawan Narkoba. Kegiatan ini berlangsung Jumat 25 Juni 2021 di kantor BNN Kota Bandung, dan mengingat situasi Kota Bandung yang masih berada dalam Pandemi Covid-19, maka kegiatan berlangsung dalam protokol kesehatan ketat.

Hal ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam menghadirkan P4GN di Kota Bandung. Bentuk peran serta pelajar dan mahasiswa ini adalah orasi siswa dan mahasiswa sebagai aksi pelajar dan mahasiswa Kota Bandung dalam memperingati HANI 2021 untuk Indonesia Bersinar.

Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dan mahasiswa ini ingin memanfaatkan masa muda untuk belajar dan berkarya dengan tubuh dan pikiran yang sehat tanpa adanya pengaruh penyalahgunaan narkoba

“Tanggung jawab kita bersama, bukan hanya BNN saja untuk melakukan implementasi P4GN. Tugas BNN adalah menggerakkan dan menyatukan berbagai pihak agar P4GN hadir di Kota Bandung sehingga terwujud Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis, serta bersinar (Bersih Narkoba)” ujar AKBP Deni Yus Danial, S.IP, MH selaku Kepala BNN Kota Bandung. ***

Loading...

loading...

Feeds