Buang Sampah Sembarangan Disanksi Denda Rp50 Juta, Masih Berani?

LAUNCHING: Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat melaunching  Bandung Bedas Bersih Sampah di Desa Sadu, Soreang, Kamis (24/6/2021). (FOTO: Dok Humas Pemkab Bandung)

LAUNCHING: Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat melaunching Bandung Bedas Bersih Sampah di Desa Sadu, Soreang, Kamis (24/6/2021). (FOTO: Dok Humas Pemkab Bandung)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna ingatkan warga agar menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Jika melanggar sanksi denda hingga kurungan penjara ancam ‘si pembuang sampah’.


“Sanksi itu berdasarkan Perda yang sudah ada, yaitu setiap warga yang membuang sampah sembarang akan ada sanksi berupa denda sebesar Rp50 juta dan kurungan maksimal enam bulan,” ujar Bupati saat launching Bandung Bedas Bersih Sampah di Desa Sadu, Soreang, Kamis (24/6/2021).

Dadang mengatakan, masyarakat harus terus diberikan pemahaman tentang penanganan sampah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bandung sudah membentuk relawan atau kader Bandung Bedas Bersih Sampah yang terdiri dari 306 orang.

“Tugasnya adalah memberikan pemahaman kepada warga dan termasuk penyebarluasan informasi tentang peraturan perundang- undangan seperti perda. Karena saat ini ada masyarakat Kabupaten Bandung yang tentunya belum paham tentang peraturan tersebut,” kata Bupati.

Dengan adanya kader Bandung Bedas Bersih Sampah itu diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penyelesaian sampah di masing-masing desa sehingga Kabupaten Bandung bisa terbebas dari sampah, lestari dan lingkungan menjadi sehat.

“Ada 1300 ton sampah per hari yang ada di Kabupaten Bandung, 62 persen sudah dilakukan penanganannya. Dengan hadirnya TPA Legok Nangka nanti, diharapkan bisa lebih mensterilkan dan melestarikan lingkungan di masing-masing daerah,” tutur Bupati.

“Kita akan hadirkan alat berat untuk bisa mengangkut sampah sehingga ada percepatan penanganan sampah ke lokasi pembuangan,” pungkasnya.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds