Putus Mata Rantai Covid-19, Peserta BPJAMSOSTEK Bisa Maksimalkan Lapak Asik

Kepala BPJAMSOSTEK Bandung Suci, Tidar Yanto Haroen

Kepala BPJAMSOSTEK Bandung Suci, Tidar Yanto Haroen

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bandung Suci, Tidar Yanto Haroen menyebut pekerja yang ingin mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) diminta mengajukan melalui mekanisme antrian online BPJAMSOSTEK.


Tidar mengatakan, demi memutus mata rantai Covid-19 di kalangan pekerja dan keluarga. Pekerja yang bermaksud mencairkan klaim jaminan hari tua, diharapkan untuk memaksimalkan mekanisme online atau LAPAK ASIK (layanan tanpa kontak fisik) BPJAMSOSTEK atau bisa menghubungi call centre 175 BPJAMSOSTEK untuk meminta informasi yang dibutuhkan.

Seperti yang diketahui, protokol Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJAMSOSTEK merupakan salah satu upaya yang dilakukan BPJAMSOSTEK dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan Covid-19.

Sebelum pandemi Covid-19, pelayanan yang diberikan BPJAMSOSTEK kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik. Namun dikarenakan situasi pandemi Covid-19, pemberlakuan layanan online sangat penting dilakukan, selain mempermudah peserta, tentunya berdampak pada perlambatan hingga pemutusan mata rantai Covid-19.

Tidar menjelaskan, bagi peserta yang ingin mengajukan klaim JHT online LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Konta Fisik) BPJAMSOSTEK, pertama-tama, bisa masuk link: https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian isi formulir antrian online.

Selanjutnya cetak bukti antian online. Lalu siapkan dokumen pengajuan klaim dan meng-unduh lampiran dokumen pengajuan klaim serta terakhir lampirkan dokumen sesuai petunjuk ke link/email yang telah ditentukan.

“Pastikan email, nomor hp dan rekening tabungan bapak/ibu benar dan masih aktif. Bagi bapak/ibu yang telah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka tidak perlu lagi untuk datang ke kantor. Petugas kami akan menghubungi melalui whatsapp video call,” jelas Tidar.

Tidar menambahkan, sehubungan dengan adanya Layanan Tanpa Kontak Fisik, untuk melakukan konfirmasi Jaminan Pensiun Berkala, peserta diharapkan memindai atau scan asli dokumen berupa KTP, KK, buku tabungan, seluruh halaman buku nikah (untuk manfaat pensiun janda/duda) / akta kelahiran (untuk manfaat pensiun orang tua/anak), foto ahli waris, tanda terima jp berkala bulan sebelumnya.

Kemudian peserta diharapkan menuliskan nomor hp yang dapat dihubungi untuk kami hubungi via video call. Semua hasil scan dokumen asli dikirim email ke : [email protected], dengan subject email : JP_nama penerima.

“Kami harap pelayanan selalu memenuhi harapan peserta dan puas dengan pelayanan yang diberikan. Kami memahami bahwa bagaimanapun semua peserta, khususnya yang mengalami pemutusan hubungan kerja sangat membutuhkan uang JHT, apalagi dalam situasi dan kondisi saat ini,” ungkap Tidar.

Partisipasi Memutus Mata Rantai Covid-19

Selain dukungan memutus mata rantai penyebaran melalui penerapan Layanan Tanpa Konta Fisik, Tidar menuturkan, pihaknya juga melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di lingkungan kantor.

“Semua karyawan kami diwajibkan memakai masker setiap saat, mencuci tangan serta membiasakan hidup sehat dan bersih, menjaga physical distancing dalam beraktivitas, selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Kemudian saling mengingatkan sesama insan bahwa kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling utama,” tutup Tidar.

(*/arh)

Loading...

loading...

Feeds