RSHS Bandung Buka Pendaftaran Vaksin bagi Masyarakat Umum, Ini Caranya

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah menggenjot percepatan vaksinasi untuk masyarakat umum seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang menyediakan vaksinasi gratis bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya.


Vaksinasi akan dimulai pada 1 Juli 2021. Berlokasi di RSHS Bandung, masyarakat yang mau divaksin bisa mendaftar secara online yang sudah dibuka sejak pagi ini.

Plh Direktur Pelayanan Medis, Perawatan, dan Penunjang RSHS, Yana Akhmad Supriatna menuturkan, vaksinasi Sinovac diperuntukkan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas. Tidak harus KTP Bandung Raya, masyarakat yang bermukim di Bandung dan sekitarnya bisa mendapatkan vaksin di RSHS Bandung.

“Setelah bulan-bulan kemarin vaksinasi sudah untuk prioritas, seperti tenaga kesehatan, pelayanan publik, dan lainnya, awal Juli sasarannya adalah masyarakat umum. Demikian RSHS Bandung sebagai bagian pemerintah akan melaksanakannya mulai 1 Juli,” kata Yana di Bandung, Selasa (22/6/2021).

Menurut Yana, kegiatan vaksinasi ini adalah sebagai upaya membantu pemerintah menangani virus corona yang sudah satu tahun menyebar di Indonesia. Apalagi kini Bandung Raya sudah siaga 1 dengan angka kasus penyebaran yang sangat tinggi.

“Perlu sama-sama kita ketahui kalau sekarang sedang menghadapi wabah Covid-19 yang belum beres. Vaksinasi ini salah satu upaya yang diharapkan bisa dijalani hampir seluruh masyarakat Indonesia. Kepentingan vaksinasi bukan semata-mata individu, tapi kepentingan bersama,” jelasnya.

Yana berharap, setelah vaksinasi maka kekebalan imunitas di tubuh seseorang bisa meningkat, sehingga bisa menekan penyebaran virus. Selain menghambat penyebaran, diharapkan vaksinasi ini bisa membuat pandemi berakhir.

“Setelah vaksinasi maka virus corona ini menjadi tidak punya tempat dia, karena semua orang sudah kebal. Virus tidak ada lagi dan pandemi bisa berakhir, itu harapan kita semua,” ungkapnya.

Selasa pagi, tim RSHS Bandung mulai menyebar informasi terkait pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat umum. Antusias masyarakat cukup tinggi, dilihat dari form online pendaftaran yang sulit diakses beberapa jam setelah informasi tersebar.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Melonjak, Kepala Daerah Diminta Gerak Cepat Tingkatkan BOR

Adapun syarat dan ketentuan umum, di antaranya peserta mendaftarkan diri secara online melalui bit.ly/pendaftaranvaksinrshs, peserta yang mendaftar akan diinfokan mengenai jam dan lokasi pemberian vaksinasi pada h-2 melalui WhatsApp blast.

Peserta wajib menunjukkan KTP dan bukti pendaftaran berupa WhatsApp blast yang akan diverifikasi ulang oleh petugas di lokasi, peserta harus datang seusai dengan jam yang ditentukan. Peserta dianjurkan membawa pulpen, menggunakan pakaian longgar di area lengan atas untuk memudahkan penyuntikan.

Baca Juga: Ledakan Kasus Covid-19 Diprediksi Terus Terjadi, RSHS Bandung Minta Tambahan Nakes

Peserta dalam keadaan sehat, tidak sedang hamil, dan jika memiliki penyakit kronis harap membawa surat kelayakan untuk divaksinasi dari dokter, dan peserta tidak diperkenankan parkir di area RSHS.

Program vaksinasi ini tidak dipungut biaya alias gratis dan vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac produksi Biofarma. Saat vaksinasi, RSHS Bandung menyediakan dua jalur khusus yakni Vertical Garden RSHS (akses masuk melalui G1 pintu P2 RSHS Jalan Pasteur no 38) dan Klinik Vaksin Gedung Anggrek lantai 6 (akses masuk kendaraan melalui G1, pejalan kaki masuk melalui G14).

(fid)

Loading...

loading...

Feeds