Kasus Covid di Bandung Barat Tinggi, PPKM Diperketat Hingga Tingkat Wilayah

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat memperketat Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga tingkat wilayah. Pasalnya, hingga saat ini penyebaran Corona di KBB masih tinggi.


Hal tersebut diungkapkan Ketua Harian Satgas Covid-19, Asep Sodikin saat disinggung terkait upaya penanganan Covid-19 di KBB yang hingga saat ini masih berada pada risiko zona merah, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya, Satgas Covid-19 KBB hingga saat ini terus mengimplementasikan Inmendagri Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan dan Pengetatan PPKM Mikro.

“Inmendagri itu ada istilah penebalan PPKM mikro, jadi implementasinya untuk zona merah itu untuk perkantoran pemerintah maupun swasta 75 persen WFH,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain itu kegiatan pembelajaran pun dilakukan secara daring untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan dunia pendidikan lantaran adanya kerumunan.

“Memang diketatkan semuanya untuk daerah zona merah. Pusat perbelanjaan 25 persen tutup jam 20.00 WIB,” katanya.

Sementara itu, untuk kegiatan keagamaan dilihat dari risiko kewaspadaan dari tingkat RT maupun RW setempat serta Desa. Dengan begitu, oengawasan terhadap kegiatan masyarakat lebih optimal.

“Tempat ibadah seharusnya ditutup, tapi kan kita punya level kewaspadaan masih memungkinkan tergantung situasi dan kondisi wilayah tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Jubir Satgas Wiku Adisasmito Umumkan Positif Covid-19

Ia menegaskan, hingga saat ini penerapan PPKM Mikro di wilayahnya terus digaungkan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat lebih paham terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau hanya sampai ke Satgas Covid-19, tapi masyarakat masih bebas berkeliaran tanpa menerapkan prokes, kan repot jadi engga akan berhasil penanganan Covid-19. Kalau masyarakat engga sadar, ya sulit,” imbuhnya.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Melonjak, Kepala Daerah Diminta Gerak Cepat Tingkatkan BOR

Sementara itu, terkait operasional kawasan wisata di Kabupaten Bandung Barat kemungkinan masih ditutup dan belum diperkenankan dibuka. Hal tersebut lantaran KBB masih berada pada risiko zona merah.

“Kita akan buat surat edaran PPKM Mikro diperpanjang rencananya hingga 5 Juli. Saat ini KBB masih zona merah ya masih tutup. Itu instruksi dari Mendagri. Tetapi kalau risiko Zona orange atau kuning bisa buka 25 persen,” pungkasnya.

(kro)

 

Loading...

loading...

Feeds