Bertemu Prabowo, Emil: Bukan ‘Rujuk’, Hanya Jaga Hubungan

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat bertemu dengan Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto di Jakarta. (IST)

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat bertemu dengan Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto di Jakarta. (IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diketahui telah bertemu dengan Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto di Jakarta. Pertemuan itu diabadikan melalui foto yang diunggah di akun instagram pribadi milik Emil, Senin (21/6/2021).


Dalam keterangan unggahan tersebut, Emil sapaan Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pertemuan tersebut membahas sejumlah rencana pembangunan penguatan SDM di Jabar, termasuk pembangunan pengembangan kampus Unhan (Universitas Pertahanan) di Sukabumi.

“Juga komitmen Kemenhan untuk menyiapkan balai latihan dan pendidikan di Bogor untuk dijadikan RS Darurat Covid jika dibutuhkan. Selain itu, Bapak Prabowo mengarahkan agar Gerindra Jabar mendukung program-program pembangunan Jabar,” tulisnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Emil menegaskan, pertemuan itu dimanfaatkan untuk meminta partai Gerindra membantu menguatkan kondusifitas politik di Jawa Barat termasuk mendukung visi dan misinya.

“Obrolan politik lebih kepada komitmen Gerindra lewat Pak Taufik (Ketua DPRD Jabar dari partai Gerindra) agar membantu menguatkan kondusivitas politik di Jabar,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Diketahui, dalam Pemilihan Wali Kota Bandung pada tahun 2013 lalu, Emil diusung oleh partai Gerindra. Namun, saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2018 lalu, Emil dan partai Gerindra tak berada pada gerbong politik yang sama, saat itu Emil dan Gerindra berseberangan.

Baca Juga: Kata Pengamat, Peluang Prabowo-AHY Kalahkan Jokowi Lebih Besar

Kendati demikian, Emil memastikan, intinya memiliki hubungan yang baik dengan Prabowo Subianto. Oleh karenanya, Emil menampik jika pertemuan mereka disebut sebagai rujuk.

“Kalau boleh tidak ada istilah (rujuk) itu, ya. Karena dulu juga lebih pada situasi dan kondisi saja. Hormat saya kepada secara pribadi dan hormat saya kepada Partai Gerindra masing-masing punya pilihan di momen yang tidak sesederhana yang orang lihat dalam media,” katanya.

Baca Juga: Karir Politik AHY Akan Selesai Jika Baper Terus Menerus

Sebelumnya, Emil pun sempat bertemu dengan sejumlah ketua umum partai, seperti Megawati, Agus Harimurti Yudhoyono, Zulkifli Hasan, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto hingga Ahmad Syaikhu.

Menurut Emil, menjaga hubungan baik dengan semua partai merupakan upaya untuk mencari dukungan dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur. Emil menegaskan, sebagai Gubernur Jabar, ia harus dekat dengan semua partai.

“Pada dasarnya Gubernur Jabar harus dekat dengan semua partai. Karena semakin banyak dukungan semakin sukses. Sehingga dengan Bu Mega, Pak Prabowo, Cak Imin, Pak Zulkifli, Pak Surya Paloh, Presiden PKS, Mas AHY, Pak Airlangga, hampir semua sudah dalam waktu berdekatan semua di awal 2021,” pungkasnya.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds