Berebut Jadi yang Terbaik, 5 Desa dan Kelurahan Peserta Lomdeskel Jabar Paparkan Kondisi Wilayah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 5 desa dan kelurahan berhasil masuk seleksi 5 besar sebagai kandidat desa/kelurahan terbaik, pada Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Jabar tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDesa) Jabar.


Lomba ini diikuti oleh perwakilan pemenang dari Lomdeskel tingkat Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat. Sebelumnya pada 7-9 Juni 2021 yang lalu, secara serentak telah dilakukan penilaian administrasi peserta Lomdeskel sebanyak 13 desa dan 7 kelurahan sebagai perwakilan dari 19 kabupaten/kota.

Dari para peserta Lomdeskel tersebut terseleksi menjadi 5 desa/kelurahan untuk kemudian dipilih yang terbaik pada lomdeskel tahun ini.

Kemudian, 5 desa atau kelurahan tersebut melakukan pemaparan di depan tim penilai di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDesa) Jabar, pada Senin 21 Juni 2021.

Tim Penilai Lomdeskel Tk Jabar 2021 masing-masing Asisten Administrasi Setda Jabar Dudi Sudrajat, Abdurachim Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Prof. DR. Fernandes Simangunsong S.STP, S.AP dan Sekretaris Pokja IV TP PKK Jabar Ricky Herdiansyah SE.

“Pemaparan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang berbagai hal mengenai kondisi desa/kelurahan, potensi, keunggulan, inivasi dan sebagainya,” ujar Kepala DPMDesa Jabar, Bambang Tirtoyuliono saat membuka kegiatan Paparan Peserta Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di Kantor DPMDesa Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Kegiatan pemaparan tersebut dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Masing-masing peserta dibatasi hanya dihadiri tiga orang perwakilan yaitu, Kepala Desa/Lurah, BOd dan PKK. Juga wajib menunjukkan hasil swab yang masih berlaku. Selebihnya untuk kehadiran tim pemdaping dilakukan melalui zoom meeting.

Baca Juga: Meriahkan HUT KBB ke-14, 3 Desa Jadi Finalis Lomba Desa Inovatif

Selanjutnya, menurut Bambang, Tim Penyelenggara Lomdeskel Jabar akan kembali menggelar rapat pleno pada 23 Juni 2021, untuk merekap hasil penilaian Tim Juri/penilai dan menetapkan tiga terbaik untuk masing-masing kategori desa/kelurahan.

Kemudian akan dilakukan klarifikasi lapangan yang dijadwalkan pada 24–26 Juni 2021, dengan tanpa kegiatan seremonial, guna menghindari timbulnya kerumunan serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Pilkades Kabupaten Bandung Sedot Dana Rp95 M, Dewan: Harus Lahirkan Kepala Desa Berkualitas

Menurut Bambang, DPM Desa Jawa Barat menyelenggarakan Lomba Lomdeskel sebagai sarana untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan Kelurahan beserta masyarakatnya untuk dapat mengikuti lomba, dan bersaing secara sportif serta positif dalam meningkatkan kualitas, penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Desa dan Kelurahan.

“Siapapun pemenangnya, saya yakin kita bisa bersaing untuk Lomdeskel tingkat Nasional dan menjadi juara,” ujar Bambang.

Berikut 5 desa dan kelurahan yang masuk seleksi 5 Besar Lomdeskel Tingkat Provinsi Jabar tahun 2021:

1. Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupataen Cianjur
2. Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupataen Bandung
3. Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupataen Subang
4. Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupataen Indramayu
5. Desa Kaso, Kecamatan Tambaksari, Kabupataen Ciamis.

Sedangkan untuk kategori kelurahan adalah:

1. Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar
2. Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi
3. Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok
4. Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi
5. Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds