Lomba Cerdas Camat Meriahkan Rangkaian HUT KBB ke-14

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan kegiatan lomba cerdas camat dalam rangka memeriahkan hari jadi KBB ke-14.(FOTO: HENDRA HIDAYAT)

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan kegiatan lomba cerdas camat dalam rangka memeriahkan hari jadi KBB ke-14.(FOTO: HENDRA HIDAYAT)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan kegiatan lomba cerdas camat dalam rangka memeriahkan hari jadi KBB ke-14.


Dalam kegiatan tersebut para camat diberikan kesempatan untuk berdiskusi terkait tata kelola pemerintahan dan program terkait pelayanan kepada masyarakat.

“Salah satu materi kegiatannya ini juga inisiasi dari pa bupati (Hengky Kurniawan) dan kebetulan ini dalam rangka penguatan juga dari aspek tata pemerintahannya karena berkaitan dengan cerdas camat,” katanya Kabag Tata Pemerintah Setda KBB, Faisal Basri, saat ditemui, Kamis (17/6/2021).

Ia menambahkan, kegiatan “Cerdas Camat” ini merupakan kali pertama diselenggarakan dalam mengisi rangkaian HUT KBB ke-14. Dengan begitu, para camat lebih teruji di bidangnya.

“Pa bupati mungkin berkeinginan bahwa camat yang ada di KBB mumpuni dalam bidangnya. Bisa menjalankan program pemerintah dan sekaligus mampu melayani masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, materi yang disajikan kepada para camat dalam kegiatan tersebut yakni terkait pemerintahan desa dan juga pemerintahan kecamatan itu sendiri.

“Kemudian yang paling uniknya adalah di sesi diskusi. Sehingga kita juga mendatangkan juri akademisi termasuk para eselon 2 termasuk pa sekda,” katanya.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Akan Tunda Sekolah Tatap Muka Jika Kasus Covid-19 di KBB Melonjak

Lebih jauh dari itu, camat mempunyai kemampuan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat memimpin suatu wilayah. Kendati dari para peserta tidak ada yang sempurna, setidaknya dari sisi mekanisme mengikuti ketentuan yang ada.

“Paling tidak para camat yang ada di KBB ini bisa berhasil dalam bidangnya sesuai tugasnya. Bahwa disamping dia selaku perangkat daerah KBB. Disisi yang lain ini ada para camat ini adalah bapa di wilayahnya,” katanya.

Baca Juga: Tangani Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkes KBB Optimalkan 3 RSUD dan Puskesmas

Dari seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, kata Faisal, Kecamatan Parongpong mempunyai skor tertinggi dari segi penilaian dan selisihnya dari peserta yang lain tidak terlalu jauh.

“Barangkali kalau ada kurang sedikit tinggal menyamakan saja. Kami kedepan dari bagian tata pemerintahan juga akan melakukan pembinaan kepada rekan camat,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds