Pemakaman Jenazah Covid-19 di TPU Cikadut Meningkat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jenazah Covid-19 yang meninggal dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung meningkat hingga 3 kali lipat.


Peningkatan terjadi sejak sepekan terakhir, terhitung mulai 9 Juni 2021.

Pengelola Sarana dan Prasarana TPU Cikadut Sudrajat mengatakan, dalam sehari permintaan liang kubur ada sekira 10 sampai 20 jenazah. Padahal biasanya hanya 5 jenazah yang dimakamkan.

Artinya peningkatan terjadi 3 sampai 4 kali lipat dari biasanya. Bahkan bila malam tiba, tak jarang mereka juga masih bekerja menggali liang kubur sesuai permintaan.

“Sampai malam juga ada, kita kewalahan bikin liang lahatnya. Biasanya ini siang ada 3, kemudian malam 2. Sekarang siang saja ini sampai 18 orang,” kata Sudrajat di TPU Cikadut, Jalan Cikadut, Jatihandap, Senin (14/6).

Sudrajat mengakui, permintaan pemakaman pasien Covid-19 tahun ini meningkat dari tahun lalu. Dalam sehari pihaknya menyediakan 20 liang kubur yang digali. Sampai-sampai mendatangkan pekerjanya dari UPT lain untuk membantu.

“Penyediaan bisa sampai 20 dalam sehari. Pekerjanya banyak dari UPT lain juga, diperbantukan dari UPT 1,2,3, dan 4. Jumlahnya ada sampai 30 orang, ini kan dibagi kalau satu liang lahat gak mungkin satu orang, ya bisa 2 orang,” terangnya.

“Kenaikan dari 9 Juni. Biasanya 3-4 jenazah, ini tidak terlalu sekarang mah lebih dari tahun lalu pandemiknya. Kemarin (tahun lalu) mah gak keteteran lah,” ungkapnya.

Sudrajat mencontohkan, sampai pukul 13.00 WIB, sudah ada 9 jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Cikadut.

Diketahui total ketersediaan lahan pemakaman TPU Cikadut sebanyak 5 ribu, sampai dengan hari ini lahan yang sudah terpakai ada 1.600. “Masih ada kapasitas,” tuturnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds