Tangani Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkes KBB Optimalkan 3 RSUD dan Puskesmas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengoptimalkan 3 RSUD dan Puskesmas untuk menangani lonjakan kasus Covid-19.


Kadinkes Bandung Barat, Eisenhower Sitanggang mengatakan, berupaya memaksimalkan jumlah tempat tidur untuk menangani pasien Covid-19 dengan gejala klinis.

“Terkait lonjakan kasus Covid-19 di KBB sesudah libur lebaran kemarin, kita saat ini akan optimalkan 3 rumah sakit dan Puskesmas,” katanya.

Ia menambahkan, akan melakukan upaya kedua berupa mengkonversi tempat tidur non covid menjadi Covid-19. Hal itu untuk mengantisipasi kekurangan tempat tidur khusus pasien Covid-19.

“Yang ketiga dari segi anggaran kita sudah menganggarkan suport untuk menekan Covid-19 dengan peningkatan swabantigen, APD, masker karena kita juga ingin melindungi para nakes,” jelasnya.

Eisen menegaskan, dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 ini perlu peran serta semua pihak hingga aparat kewilayahan. Hal itu salah satu upaya efektif menekan laju perkembangan Covid-19.

“Ini memang masih panjang PR nya saya harapkan kita bekerjasama berkolaborasi menjaga protokol kesehatan.Covid ini tidak hanya ditangani oleh pemerintah tapi berkolaborasi penthahelix,” katanya.

Ia pun menyebut, pihaknya pun berupaya maksimal untuk melindungi para Nakes dari risiko paparan Covid-19 karena beban kerja yang meningkat lantaran lonjakan kasus Corona di Kabupaten Bandung Barat.

“Jadi kita mengambil kebijakan redistribusi nakes. Jadi temen nakes yang di puskesmas diperbantukan ke rumah sakit agar tidak terlalu kelelahan,” katanya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds