Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Rasyid Rajasa Ajak UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pandemi Covid-19 telah memukul sejumlah sektor bidang perekonomian. Banyak pelaku UMKM menjerit karena daya beli masyarakat menurun. Imbasnya omzet mereka anjlok. Bahkan tak sedikit pengusaha gulung tikar.


Pengusaha muda, Muhammad Rasyid Amrullah Rajasa berbagi tips bagi pelaku usaha agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Kata dia, ada baiknya pengusaha terutama menengah ke bawah segera memanfaatkan teknologi digital untuk proses promosi atau pemasaran dan penjualan produknya.

“UMKM merupakan sektor paling rentan dan terdampak pandemi Covid-19. Mereka juga mengalami banyak kerugian, baik itu secara materil ataupun immateril. Makanya untuk mengatasinya harus ada inovasi dengan memanfaatkan teknologi,” kata Rasyid Rajasa di Bandung, akhir pekan kemarin.

Putra Mantan Menko Perekonomian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Hatta Rajasa itu juga mengungkapkan, salah satu cara yang cukup efektif dalam membantu UMKM konvensional bermigrasi ke digital ialah dengan mengikuti beragam pelatihan secara langsung.

“Melalui pelatihan, pengusaha bisa mengembangkan usahanya. Karena di sana akan banyak informasi bagaimana pola pemasaran lewat teknologi dan sistem jual beli yang pas digunakan di tengah pandemi seperti sekarang,” jelasnya.

Baca JugaDukung Geliat Ekonomi, Bank Bjb Gelar Digicash Plant Festival

Selain itu, Rasyid menyebut, untuk mempermudah itu semua sangat diperlukan peran anak muda yang paham dan berpengalaman agar bisa turun secara langsung memberikan pengarahan kepada para pelaku UMKM.

“Kami sangat butuh anak-anak muda yang sukses di bidang usaha agar senantiasa saling membantu,” imbuhnya.

Baca JugaMenparekraf, Sandiaga Uno: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Ia pun mengingatkan, para pelaku UMKM sebaikan menekan cost yang tidak perlu demi bisa bertahan saat pandemi Covid-19. Kemudian, bagi yang memiliki piutang sebaiknya melalukan penangguhan kepada bank agar tidak menjadi beban dalam kondisi serba berat seperti sekarang.

“Saya sangat paham hal ini karena juga pengusaha, pandemi benar-benar membuat kita harus bisa berpikir secara cepat, inovatif, dan kreatif untuk bisa mempertahankan usaha kita,” katanya.

“Inovasi seperti penjualan secara daring saat ini memang menjadi solusi, di tengah adanya batasan aktivitas warga untuk berbelanja langsung. Ya’ saya berharap pandemi segera berakhir, kondisi kembali normal dan perekonomian nasional kembali bangkit,” tutupnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds