27 Warga Gunung Halu Bandung Barat Terpapar Covid-19

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, GUNUNGHALU – 27 orang warga Kampung Cidadap, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu terpapar Covid-19. Temuan itu berdasarkan hasil tes swab.


Juru Bicara Satgas Covid-19 KBB, Agus Ganjar Hidayat mengatakan, kasus tersebut berawal ketika ada salah satu warga meninggal dunia yang dilayat oleh sejumlah warga dari luar kota.

“Klaster di Kampung Cidadap, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu ini bermula dari kunjungan warga meninggal dunia dilayat oleh saudara-saudaranya dari luar kota seperti Jakarta dan Bogor. Tak lama kemudian masyarakat sekitar mengalami gejala batuk flu,” katanya, kemarin.

Baca Juga: Lapangan Tembak Gunung Bohong Akan Disulap Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Ia menambahkan, dalam waktu bersamaan warga mengalami batuk dan flu. Setidaknya 42 warga mengalami gejala serupa, usai dilakukan tes 27 orang dinyatakan positif Covid-19.

“Setelah dilakukan swab test, 27 orang reaktif. Dari total 42 warga yang dites. Itu semuanya klaster keluarga,” katanya.

Saat ini, kata Agus, pihak aparat kewilayahan setempat melakukan isolasi terhadap RW tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, pihak PUSKESMAS pun bersiaga guna melakukan penanganan intensif.

“Guna memastikan kondisinya, rencana akan dilakukan swab antigen ulang pada Rabu 16 Juni 2021 dengan sasaran 27 warga yang reaktif beserta kontak erat,” papar Agus.

Baca Juga: Liburan ke Puncak Bogor Diperketat, Wisatawan Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Hingga Kamis 10 Juni 2021, total konfirmasi Covid19 di KBB ada 8.191 kasus. Dari jumlah itu total positif aktif ada 703 kasus dengan tingkat kesembuhan mencapai 7.378 orang, serta total warga meninggal dunia 110 orang.

Agus menjelaskan, sebaran kasus Covid-19 tertinggi ada di 3 Kecamatan. Yaitu Lembang sebanyak 190 kasus, Padalarang 133 kasus, dan Parongpong 97 kasus.

“Sebaran paling rendah ada di 3 Kecamatan yaitu Saguling 6 orang, Gununghalu 7, dan Sindangkerta 9 orang. Berdasarkan zonasi di 165 desa. Terdapat 66 desa masuk zona hijau, 97 desa zona kuning, dan 2 zona orange di Desa Jayagiri Kecamatan Lembang dan Desa Langensari,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds