Antisipasi Over Kapasitas, RSUD Soreang Akan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Berdasarkan data dari Pikobar Jabar, Kabupaten Bandung menempati urutan pertama sebagai kota/kabupaten dengan penambahan kasus positif terbanyak selama periode 31 Mei 2021 sampai 6 Juni 2021.


Menyikapi hal tersebut, Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, jumlah warga di Kabupaten Bandung itu sebanyak 3,7 juta jiwa dan peningkatan kasusnya hanya sebanyak 700-an. Meski demikian, Bupati berharap semua pihak tetap fokus untuk penanganan Covid 19 agar bisa cepat selesai.

Dalam rangka mengatasi kondisi sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Bandung yang mengalami over kapasitas, Bupati akan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid 19.

“Itu tempat isolasinya di rumah sakit lama, bukan Rumah Sakit Otista, nanti kita lihat itu bisa dijadikan kamar isolasi plus lab kes, karena kita juga butuh lab kes yang dari bihbul kan sudah tidak ada. Nanti kita siapkan berapa minimal, yang sudah ada dua (bed) mungkin sampai sepuluh kita siapkan,” tutur pria yang akrab disapa Kang DS.

Kang DS menyarankan masyarakat yang terkena Covid 19 untuk menjalani isolasi mandiri. Menurutnya, isolasi mandiri membuat pasien Covid 19 tidak mengalami stress , berbeda jika harus dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: 9 Pegawai IKEA Kota Baru Parahyangan Positif Covid-19

“Nanti kita bicara dengan dinas kesehatan untuk mempersiapkan dokter, yang bisa datang ke rumah warga yang tengah menjalani isoman, jadi baik itu makanan kita akan support melalui dinas sosial, terus untuk kesehatannya kita tugaskan dinas kesehatan atau rumah sakit untuk bisa mengobati pasien tersebut,” ungkap Kang DS.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana mengatakan bahwa seusai masa libur panjang memang ada penambahan kasus Covid 19 yang cukup banyak sehingga berdampak pada jumlah tempat tidur yang tidak mencukupi.  Menurut Grace, penambahan kasus tidak hanya dialami oleh Kabupaten Bandung saja.

Baca Juga: Ratusan Karyawan PT Feng Tay di Kabupaten Bandung Positif Covid-19

“Semua rumah sakit penuh, BLK Manggahang Baleendah (gedung isolasi) juga penuh. Tiap hari selalu ada penambahan kasus Covid 19, yang menurut saya peningkatannya signifikan,” ujar Grace saat dihubungi beberapa waktu yang lalu.

Dalam rangka mengantisipasi penuhnya rumah sakit rujukan Covid 19, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. Menurut Grace, isolasi mandiri yang diiringi dengan pemantauan dari tenaga kesehatan juga merupakan upaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid 19.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds