1.200 Hewan Peliharaan di Bandung Barat Divaksin Rabies

VAKSIN RABIES: Ribuan hewan peliharaan warga Kabupaten Bandung Barat sudah divaksin rabies. (FOTO: HENDRA HIDAYAT/ RADAR BANDUNG).

VAKSIN RABIES: Ribuan hewan peliharaan warga Kabupaten Bandung Barat sudah divaksin rabies. (FOTO: HENDRA HIDAYAT/ RADAR BANDUNG).

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat.
Hal tersebut sebagai bentuk dukungan program Pemkab Bandung Barat yang menargetkan wilayahnya terbebas dari virus rabies pada tahun 2025 mendatang.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan), Wiwin Apriyanti menjelaskan, pihaknya menargetkan 4.000 hewan seperti anjing, kucing, kera dan musang yang tersebar di 16 kecamatan di KBB rampung divaksin pada tahun 2021.
“Tiap tahun kita memberikan vaksin gratis bagi hewan peliharaan, agar Bandung Barat bebas dari rabies. Sampai sekarang hewan yang sudah divaksin ada sekitar 1.200 ekor,” katanya, Rabu (9/7).
Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk dukungan Pemkab Bandung Barat terhadap program nasional yakni Indonesia terbebas dari rabies pada tahun 2030.
“Pada tahun 2020, pola pemberian vaksin diubah, secara door to door karena diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Pandemi Covid-19 dan menghindari kerumunan,” tegasnya.
Hingga saat ini, kata Wiwin, populasi hewan peliharaan di KBB mayoritas adalah kucing dan anjing. Sejauh ini, populasi anjing diperkirakan mencapai 3.000 ekor dan kucing sekitar 2.000 ekor.
“Tapi sejak Pandemi, populasi kucing meningkat, karena banyak warga yang pelihara. Jumlahnya bertambah, jadi di atas 2.000-an,” katanya.
Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan pada Bidang Keswan Nirowati menyebut, pemberian vaksin tahun ini dimulai sejak awal Juni lalu.
“Sekarang kita undang warga yang punya hewan peliharaan di satu tempat. Kita berikan layanan vaksin gratis pada hewannya,” katanya.
Ia menegaskan, para pemilik hewan peliharaan dinilai mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya vaksinasi rabies. Hal tersebut terlihat dari animo masyarakat yang cukup tinggi.
“Pemberian vaksin gratis tersebut, ternyata sudah diketahui pemilik hewan peliharaan. Karena secara rutin warga mendapat layanan gratis pemberian vaksin dari Dispernakan bagi hewannya,” pungkasnya.
(kro)


Loading...

loading...

Feeds