Bandung Barat Canangkan Proyek Strategis Kelola Sampah Secara Mandiri

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat berupaya melakukan mitigasi bencana di lokasi Tempat Pembuangan Akses Sampah (TPAS) Sarimukti yang sudah over load.Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat, Anugrah, Senin (7/6/2021).


Menurutnya, sarana dan prasana yang ada di TPAS Sarimukti belum memadai saat ini. Terutama kondisinya yang sudah melebihi batas kapasitas tempat tersebut.

“Mulai sekarang harus ada langkah-langkah yang tepat untuk mengantisipasi bencana seperti yang terjadi di TPA Leuwigajah,” katanya.

Ia pun menyebut, pasca terjadinya longsor di TPAS Sarimukti berakibat pada terhambatnya distribusi sampah yang hendak dibuang ke kawasan tersebut.

“Kita harus segera memperbaiki sarana dan prasarana yang ada, salah satunya landasan untuk armada truk sampah yang melintasi kawasan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya bertekad untuk melakukan inovasi terkait pengolahan sampah di KBB yang dikelola secara mandiri.

“Proyek strategis nasional di tahun 2023 ada pengolahan sampah menjadi energi baik itu listrik atau etanol,” katanya.

Ia menyebut, dalam satu hari Kabupaten Bandung Barat setidaknya menghasilkan sampah kurang lebih 600 ton. Sementara itu, yang dibuang ke TPAS Legoknangka hanya 75 ton saja.

“Kami menganggarkan di 2022 itu, Rp22 miliar untuk pembelian lahan di sekitar sarimukti juga. Karena yang kita setor hanya 75 ton ke Legoknangka tapi potensi sampah di KBB ini perharinya 600 ton,” katanya.

Ia menegaskan, langkah tersebut diambil untuk menekan biaya operasional yang dikeluarkan saat membuang sampah ke TPA Legoknangka. Bahkan Pemkab Bandung Barat setidaknya harus menyiapkan 25 armada truk baru.

“Kemarin kita menghitung kebutuhan untuk membuang ke TPA Legoknangka ini sebesar Rp 29 miliar. Nah ini sangat memberatkan kita, tapi kita ingin mendukung proyek strategis nasional dengan mengajukan bantuan,” katanya.

(kro)

 

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …