Bangun Kekuatan di Desa, PDIP Siapkan ‘Mesin’ Jelang Pemilu 2024

RAKORCAB: PDI Perjuangan kabupaten bandung saat menggelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) di Baleendah, Minggu (30/5/2021).
(FOTO: FIKRIYA ZULFAH/ RADAR BANDUNG)

RAKORCAB: PDI Perjuangan kabupaten bandung saat menggelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) di Baleendah, Minggu (30/5/2021). (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/ RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.id, BALEENDAH – Sambut pemilu serentak 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung terus membangun kekuatan tingkat desa.


Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung, Harjoko Sangganagara mengatakan, di Kabupaten Bandung ada 270 desa dan 10 kelurahan. Oleh karenanya, dalam rangka membangun kekuatan partai di desa, Harjoko meminta para kader untuk membuat program yang bisa membangun desa.

“Kawan-kawan sudah mulai membuat program yang pas dengan desa seperti memberikan pelatihan pertanian, membantu UMKM. Kita juga tengah menggarap industri kecil, industri kreatif, bikin pameran,” ujar Harjoko usai mengikuti Rapat Koordinasi Cabang di Baleendah, Minggu (30/5/2021).

Gelaran Pilbup Bandung tahun 2020, kata Harjoko memberikan pengalaman tersendiri untuk bisa menyongsong Pemilu tahun 2024. Selanjutnya, juga terus dilengkapi struktur kepengurusan dari tingkat kecamatan hingga tingkat rukun warga (RW). Kata Harjoko, semua pengurus di data by name, by adress dan by phone.

“Jadi sewaktu-waktu Ibu Mega (Ketua Umum PDIP), bisa mengecek pengurus ranting hingga ke tingkat bawah,” jelas Harjoko.

Baca Juga: Herman Beberkan Bukti Peserta KLB Demokrat Adalah Kader Partai Lain

“Dari bawah melaporkan kondisi daerahnya, terutama dalam peta politik termasuk demograsi desanya, kekuatan politik kita di desa itu seperti apa. Makanya kita mengumpulkan data dari sekitar 270 desa, lalu kita mengolahnya, dan kita akan laporkan ke Jawa Barat,” tuturnya.

Sementara itu, PDIP Kabupaten Bandung menggelar Rakorcab secara virtual yang mana Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) turut hadir. Dalam Rakorcab tersebut menggunakan pola bottom up, yang mana menurut Harjoko itu adalah hal baru.

Baca Juga: Partai Demokrat Kubu AHY Datangi Polres Bogor

“Jadi, DPC PDIP Kabupaten Bandung menyampaikan poin-poin rekomendasi hasil Rakorcab kepada PDIP Provinsi Jawa Barat, untuk selanjutnya jadi bahasan saat Rakerda,” terangnya.

“Seperti hasil evaluasi Pilkada, dilaporkan dan di sampaikan ke para pengurus PAC. Kemudian kita juga akan mendengar arah anggota, apakah akan mendukung pemerintahan saat ini atau tidak,” pungkas Harjoko.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds