Selamatkan Anak Bangsa dari Bahaya Narkoba

  • BNN Kota Bandung Ajak Masyarakat Berperan Aktif Dalam Kegiatan P4GN

POJOKBANDUNG.id, BANDUNG – Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) setiap tahun diperingati pada 26 Juni. Peringatan itu tujuannya untuk memperkuat aksi dan kerjasama secara global, sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial-ekonomi, serta keamanan dan perdamaian dunia.


Berdasarkan hasil survey prevalensi penyalahgunaan narkoba yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional dan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya-LIPI pada 2019 secara nasional, diketahui 240 dari 10.000 penduduk Indonesia berumur 15-64 tahun terpapar pernah memakai narkoba yaitu sebesar 2,40 persen (4.534.744 orang).

Berdasarkan hasil survey prevalensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jawa Barat menunjukkan sebesar 0,60 persen (95.259 orang) penduduk Jawa Barat pernah memakai narkoba dan Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah pemakai narkoba menggunakan jarum suntik terbanyak se-Indonesia mencapai 20 persen dari seluruh pemakai narkoba di Jawa Barat yang jumlahnya mencapai 13.608 orang.

Angka yang cukup memprihatinkan sehingga Presiden RI Joko Widodo mengumumkan Indonesia Darurat Narkoba. Hal ini sudah seharusnya menjadi keprihatinan bersama seluruh masyarakat untuk menghadirkan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia dan menciptakan ketahanan diri dan ketahanan keluarga dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dalam rangka memperingati HANI tahun 2021 yang memiliki tema “War On Drugs”, BNN Kota Bandung bersama masyarakat dari berbagai komunitas melakukan kolaborasi inovasi P4GN untuk menyuarakan Perang Melawan Narkoba.

Hal ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam menghadirkan P4GN di Kota Bandung. Bentuk peran serta masyarakat ini beragam. Mulai dari kegiatan Gowes Jabar Bersinar oleh komunitas Federalis Bandung Indonesia selama lima hari 26-30 Mei 2021 melintasi beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Kemudian adanya kegiatan Kampanye War On Drugs bersama Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ), yang juga menyanyikan lagu bertemakan seruan P4GN karya musisi lokal Kota Bandung, Angga Septiaji, berjudul Berlari Meraih Mimpi.

Ada pula kegiatan pembacaan puisi bertemakan P4GN dari perwakilan komunitas anak Kota Bandung. Juga ada kegiatan Talkshow “Jabar Bersinar Juara Lahir Batin untuk Indonesia Bersih Narkoba” bersama BNN Provinsi Jawa Barat, Forkopimda Jawa Barat, dan Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda Bandung Raya.

Dalam semua kegiatan ini, BNN Kota Bandung bersama komunitas masyarakat Kota Bandung mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam kegiatan P4GN melalui penandatanganan Petisi Online “Selamatkan Generasi Bangsa, Saatnya Perang Melawan Narkoba untuk Jawa Barat Bersih Narkoba”.

Petisi ini berupa seruan untuk para pemimpin daerah di lingkungan Provinsi Jawa Barat agar dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2020, melaksanakan fasilitasi program P4GN di daerah kabupaten/kotanya masing-masing sesuai dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN, mendukung dan melaksanakan program Desa/Kelurahan Bersinar sampai ke tingkat RT/RW.

Kemudian, melaksanakan kewajiban pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan fasilitasi P4GN mulai tingkat kabupaten/kota, kecamatan, sampai tingkat kelurahan/desa, dan mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat agar mengawasi pelaksanaan implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 dan implementasi Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN, yang dilaksanakan Gubernur dan seluruh Bupati/Walikota di Jawa Barat supaya pelaksanaannya dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, dan mewujudkan cita-cita masyarakat Jawa Barat Bersinar, Juara Lahir Batin untuk Indonesia Bersih Narkoba.

Petisi ini dibacakan di hadapan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung dan diserahkan oleh perwakilan komunitas Federalis Bandung Indonesia, kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung.

“Tanggung jawab kita bersama, bukan hanya BNN saja untuk melakukan implementasi P4GN. Tugas BNN adalah menggerakkan dan menyatukan berbagai pihak agar P4GN hadir di Kota Bandung sehingga terwujud Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis, serta bersinar (Bersih Narkoba),” ujar Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial, S.IP, MH.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …