KM Karya Indah Berpenumpang 181 Orang Terbakar

KM Karya Indah terbakar di lautan. (IST)

KM Karya Indah terbakar di lautan. (IST)

POJOKBANDUNG.com – KAPAL Motor (KM) Karya Indah terbakar di perairan Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara,Sabtu (29/5/2021) pagi.


Lokasi kebakaran kurang lebih 5 mil arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola. Kapal tersebut mengangkut 181 penumpang.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, mengatakan laporan yang diterima pihaknya sekitar pukul 08.30 WIT.

Pihaknya berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan menggunakan RIB 01. Basarnas dibantu Polair Maluku Utara terus berupaya melakukan evakuasi.

Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Ternate, Affan Tabona menyatakan, penyebab kebakaran KM Karya Indah diduga berasal dari ruang kamar mesin.

“Kapal penumpang KM Karya Indah rute Ternate tujuan Sanana mengalami insiden kebakaran di perairan pulau lifamatola atau jarak 5 mil arah timur Pulau Mangoli kabupaten kepulauan Sula Sabtu pagi sekitar pukul 07.15 Wit dan seluruh penumpang berjumlah 181 orang bersama 14 ABK KM Karya Indah berhasil diselamatkan,” ujar Affan.

KM Karya Indah membawa 181 penumpang terdiri dari orang dewasa dan anak- anak. dan kebakaran diduga berasal dari ruang kamar mesin kapal.

Sehingga api merambat badan kapal beserta penumpang sebagian panik langsung melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Affan mengatakan saat ini penumpang KM Karya Indah sudah dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Sanana ibu kota Kabupaten Kepulauan Sula.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sula, Hendra Umabaihi membenarkan, saat itu, pihaknya masih fokus untuk menyelamatkan penumpang.

“Untuk kondisi penumpang semuanya selamat dan telah dievakuasi di pulau Lifmatola oleh nelayan dan warga setempat dan dibantu tim SAR gabungan,” ujarnya.

(msn/fajar/int/rb)

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …